Panen Udang Vaname Memanen Udang Vanamee dengan Cara Dijala Parsial dan Panen Raya

Panen udang vaname salah satunya adalah dengan cara manual yaitu dijala dan diangkat langsung dari kolam. Panen udang vanamee sendiri biasanya berlangsung beberapa kali, sejak parsial hingga masa panen raya udang vaname.

Budidaya. Udang vaname adalah salah satu jenis udang yang berasal dari daerah sub tropis yang kini banyak di budidayakan oleh para petani tambak di Indonesia.

Berbeda dengan jenis udang lain terutama udang lokal seperti udang windu (bago), udang peci dan beberaps jenis udang lain, udang vanamee memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan udang vaname adalah dari sisi tonase atau biomass, yang mana udang vaname mampu hidup dalam jumlah sangat banyak dalam satu kolam.

Jika jenis udang lain terutama udang lokal idealnya hanya 300.000 - 400.000 benih per kolam, maka udang vaname bisa berkali lipat jumlahnya.

Karenanya, budidaya udang vaname ini tergolong sebagai budidaya udang secara intensif yang mampu meningkatkan hasil produksi.

Meski demikian, budidaya udang vaname ini sendiri membutuhkan biaya yang jauh lebih besar daripada budidaya udang jenis lain, terutama udang lokal.

Tak hanya dari sisi biaya, perawatan udang vaname dari sejak masa tebar benih hingga masa panen pun jauh lebih intens.

Udang vaname sendiri siap dipanen saat memasuki usia sekitar 100 hari, saat mencapai ukuran atau size ideal 40 (40 udang per kilom gram).

Sebelum memasuki panen raya di rentang usia 100 hari, udang vaname ini akan di panen secara parsial (penjarangan) pada usia 60 hari, dan usia 80 hari.

Panen parsial perlu dilakukan agar kepadatan udang dalam kolam tetap ideal, bobot atau ukuran udang pun bisa maksimal hingga memasuki masa panen raya di usia 100 hari.

Panen Udang Vaname di Muara Ciasem Blanakan Subang
Cara memanen udang vaname sendiri salah satunya adalah dengan cara dijala. Sementara cara lain yang sering dilakukan adalah dengan diangkat langsung dari kolam dengan jaring besar. mch/baim

Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Panen Udang Vaname Memanen Udang Vanamee dengan Cara Dijala Parsial dan Panen Raya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel