Kampung Nelayan Pasir Putih Cilamaya Kulon, Wisata Mangrove di Pesisir Karawang Jawa Barat

Desa Pasir Putih Kecamatan Cilamaya Kulon adalah salah satu desa di wilayah pesisir utara Jawa Barat, yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang. Pasir Putih dikenal sebagai salah satu desa yang sangat potensial dengan hasil perikanan.
Desa Pasir Putih Kacamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang
Kawasan Kampung Nelayan Desa Pasir Putih Cilamaya Kulon
Bahari. Pasir Putih adalah sebuah desa yang berlokasi di wilayah pesisir utara Karawang, tepatnya di Cilamaya Kulon. Desa Pasir Putih berada persis di bibir pantai utara laut Jawa.

Desa Pasir Putih Kecamatan Cilamaya Kulon Karawang ini dikenal sebagai salah satu daerah pertanian yang cukup potensial.

Selain pertanian, Desa Pasir Putih juga merupakan salah satu desa nelayan yang sangat potensial dengan hasil perikanan terutama rajungan (kepiting laut) dan udang.

Potensi perikanan di Pasir Putih ini berada di kawasan atau kampung nelayan, yang letaknya berada persis di bibir pantai.

Saat memasuki kawasan pemukiman nelayan Pasir Putih, akan nampak deretan ratusan perahu berukuran lumayan besar, yang berjejer di sepanjang Muara Pasir Putih.

Menurut warga sekitar, ratusan perahu tersebut adalah perahu milik nelayan lokal masyarakar Pasir Putih.

Selain perahu yang sudah siap melaut, di kawasan ini juga nampak beberapa galangan, yaitu tempat untuk memperbaiki atau pun membuat kapal atau perahu.

Setiap harinya, para nelayan Pasir Putih ini akan melaut, dan menjual hasil tangkapan ikan di TPI Pasir Putih, yang juga berlokasi di sekitar kampung nelayan Pasir Putih.

Selain dikenal sebagai salah satu penghasil perikanan terutama jenis rajungan atau kepiting laut terbesar di wilayah Karawang, pantai Pasir Putih juga kini dikenal karena kawasan konservasi hutan mangrove.

Selain sebagai tempat wisata, konservasi hutan bakau atau mangrove Pasir Putih Cilamaya Kulon ini jiga diproyeksikan sebagai salah satu upaya mitigasi untuk mencegah abrasi pantai.

Pantai Pasir Putih sendiri terletak di sebelah barat Tengkolak, dan berada di sebelah timur Pantai Tanjung Baru.
Konservasi Mangrove di Desa Pasir Putih Cilamaya Kawarang
Saat ini, Pasir Putih dikenal sebagai salah satu kawasan wisata bahari atau wisata pantai di wilayah pesisir utara (Pantura) Karawang, Jawa Barat. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Kampung Nelayan Pasir Putih Cilamaya Kulon, Wisata Mangrove di Pesisir Karawang Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel