Pintu Nasa BM 10 Cikaum, Pintu Saluran Irigasi Pertanian di Kabupaten Subang Jawa Barat

Pintu BM. 10 atau Pintu Nasa adalah salah satu pintu air irigasi yang cukup penting di wilayah Kabupaten Subang. Pintu Nasa BM. 10 berlokasi di Desa Tanjungsari Timur, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Subang. Cikaum adalah sebuah daerah kecamatan di wilayah Kabupaten Subang yang memiliki peranan cukup vital dalam bidang pertanian, khususnya irigasi areal pertanian (sawah).

Di wilayah Kecamatan Cikaum, terdapat beberapa pintu irigasi yang berfungsi untuk menyalurkan air, guna kepentingan pertanian, khususnya lahan pesawahan.

Salah satu pintu air yang terbilang cukup penting di wilayah Cikaum Subang ini adalah Pintu BM. 10 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pintu Nasa.

Pintu Nasa BM. 10 ini sendiri berada di Desa Tanjungsari Timur, yang lokasinya berbatasan dengan wilayah Kecamatan Tambakdahan.

Selain menjadi saluran irigasi penting, kawasan Pintu Nasa ini juga sering menjadi jalan perlintasan bagi sebagian warga yang bermukim di sekitar kawasan ini.

Meski kondisi jalan di sekitar kawasan Pintu Nasa sendiri masih didominasi oleh jalan tanah yang sebagian sudah diperkeras dengan batu (sirtu), namun cukup banyak para pengendara yang sengaja melintas untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh.

Lokasi Pintu Nasa BM. 10 ini sendiri berada di tengah areal pesawahan, dan juga lumayan jauh dari areal pemukiman warga atau perkampungan.

Meski demikian, di sekitar Pintu Nasa Cikaum Subang ini terdapat beberapa warung yang biasa disinggahi oleh para pengendara, atau pun para petani dan warga sekitar.

Pintu Nasa BM 10, Pintu Irigasi Pertanian di Subang Jawa Barat
Aliran air di Pintu Nasa BM. 10 ini sendiri didistribusikan atau dibagi ke berbagai kawasan pertanian, termasuk ke beberapa wilayah di sekitar kawasan Pantura Subang. baim

Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Pintu Nasa BM 10 Cikaum, Pintu Saluran Irigasi Pertanian di Kabupaten Subang Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel