Kacapi Suling Pajajaran, Instrumen Lagu Kecapi Suling Cianjuran yang Khas dan Sakral

Kacapi Suling Pajajaran adalah salah satu laras lagu instrumen Sunda yang cukup populer di kalangan pecinta seni tradisional khas Sunda. Kecapi Suling disebut-sebut sebagai seni tradisi Sunda yang berasal dari Kabupaten Cianjur.

Cianjur. Kecapi Suling adalah salah satu kesenian khas Sunda yang sangat populer di Jawa Barat, terutama di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya

Kacapi Suling sendiri merupakan instrumen yang memadukan suara khas Kecapi, yaitu alat musik sejenis sitar, harpa atau Guzeng (Tiongkok) dengan suling (seruling) khas Sunda.

Bagi warga Jawa Barat, seni Kacapi Suling ini sudah sangat familiar dan menjadi salah satu instrumen paling ikonik di kalangan masyarakat Sunda.

Menurut beragam sumber sejarah, seni Kecapi Suling ini sendiri mulai berkembang di wilayah Cianjur hingga akhirnya dikenal luas ke seantero Tatar Sunda (Jawa Barat).

Seiring perkembangan zaman, seni Kacapi Suling ini sendiri sering dipadu (kolaborasi) dengan kesenian khas Sunda lainnya, bahkan sering pula dengan alat musik modern populer.

Dari sekian banyak instrumen lagu Kacapi Suling, salah satu yang paling populer adalah Kacapi Suling Pajajaran (Siliwangi) yang sangat khas dan terkesan cukup sakral.

Tak hanya kaum pria, seni Kacapi Suling Cianjuran ini juga kerap dimainkan oleh para seniman wanita (seniwati) dengan sangat apik dan baik.

Seperti diunggah oleh akun Facebook Tembang Sunda, nampak dua orang wanita, yaitu Dedeh Kurniasih yang sedang memainkan Kecapi dan Tina Agustina yang sedang meniup suling.

KACAPI SULING - PAJAJARAN, DEGUNG CIAUL (DEDEH & TINA)

KACAPI SULING - DEDEH KURNIASIH & TINA AGUSTINA - LAGU PAJAJARAN, DEGUNG CIAUL

Dikirim oleh Tembang Sunda pada Senin, 26 Oktober 2020

Video kedua wanita yang tengah memainkan seni Kacapi Suling ini pun cukup viral di jejaring sosial, dan bahkan mengundang decak kagum dari para warganet. baim

Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Kacapi Suling Pajajaran, Instrumen Lagu Kecapi Suling Cianjuran yang Khas dan Sakral"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel