Harga Minyak Dunia Jatuh, Mengapa Harga BBM di Indonesia Belum Turun?

Mengapa BBM di Indonesia belum turun harga? Padahal harga minyak mentah dunia sedang jatuh dan berada di kisaran USD 25 per April 2020. Di banyak negara, harga BBM dikabarkan sudah turun seiring dengan jatuhnya harga minya dunia.
SPBU Self Service Rest Area KM 57 Tol Jakarta - Cikampek
COVID-19 yang makin mewabah ke berbagai negara, membawa dampak yang cukup signifikan, salah satunya adalah jatuhnya harga minyak mentah dunia.

Pada periode awal tahun 2020, harga minyak mentah di bulan Januari masih di kisaran harga USD 67,02 per barel, ICP di harga USD 65,38 per barel, sedangkan WTI berkisar USD 59,80 per barel.

Seiring merebaknya wabah corona virus, konsumsi energi memang mengalami penurunan yang cukup signifikan, yang menurut sebagian kalangan berdampak pada jatuhnya harga minyak global.

Meski demikian, banyak pengamat yang menyebut penurunan harga minyak dunia ini juga dikarenakan tak ada kesepakatan yang dicapai oleh Rusia dan OPEC (negara-negara pengekspor minyak).

Hal tersebut diungkap oleh Ferdinan Hutahaen, Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia yang menyebutkan Rusia dan OPEC tak mencapai kesepakatan soal pengendalian harga minyak.

Jatuhnya harga minyak dunia pun langsung diikuti oleh penurunan harga BBM (bahan bakar minyak) di berbagai negara.

Meski demikian, harga BBM di Indonesia hingga saat ini masih belum mengalami penurunan.

Menurut Ferdinan Hutahaen, jatuhnya harga minyak yang mencapai lebih dari 100% ini tentu menjadi pukulan telak bagi ekonomi global di sektor perminyakan.

Menurut Ferdinan, jatuhnya harga minyak dunia juga menimbulkan banyak tanda tanya karena hingga saat ini harga BBM di Indonesia masih belum juga turun?

Dalam siaran persnya pada awak media, Ferdinan menegaskan bahwa pertanyaan publik terkait harga BBM yang belum turun di tengah jatuhnya harga minyak dunia adalah sesuatu yang lumrah dan wajar. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Harga Minyak Dunia Jatuh, Mengapa Harga BBM di Indonesia Belum Turun?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel