Uji Kecepatan Situs di GTMetrix, Analyze Your Site's Speed and Make it Faster!

Blogging. Website atau situs, saat ini sudah berkembang sangat pesat di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Dengan hadirnya fasilitas menulis online gratis seperti Blogger atau Wordpres, hampir setiap orang bisa mempublikasi bermacam tulisan untuk berbagai tujuan baik itu profesional maupun sekedar hobi atau dokumentasi pribadi.
Gtmetrix alat untuk menguji kecepata situs blog atau website
Gtmetrix alat untuk menguji kecepata situs blog atau website
Meski demikian, tidak semua orang memperhatikan sisi SEO website miliknya. Padahal optimasi SEO pada sebuah situs sangat berpengaruh pada indeks mesin pencarian baik itu Google, Yahoo atau Bing.

Website yang ringan, cepat dan mobile friendly, akan menjadi prioritas utama untuk muncul di laman pertama pencarian tentunya dengan kata kunci yang relevan.

Khusus untuk Google, engine search terbesar sejagat raya ini sudah meluncurkan Mobile Geddon sejak beberapa tahun yang lalu.

Mobile Geddon adalah fitur yang mengutamakan situs yang mobile friendly untuk muncul di laman teratas pencarian. Untuk mengetahuinya, kita bisa melakukan uji coba di Mobile Friendly Tester milik Google.

Selain tampilan yang mobile friendly, sebuah website juga dituntut untuk bisa dengan mudah dan cepat diakses.

Situs yang ideal, adalah yang kurang dari 3 detik saat coba dibuka oleh pengguna baik itu dari laptop maupun mobile seluler.

Situs yang melebihi angka 3-4 bahkan hingga 10 detik, tentunya akan sedikit menyulitkan dan kurang diminati bahkan bisa saja ditinggal para pembaca.

Tak hanya user atau pengguna, situs yang lambat atau di atas 4 detik juga tidak disukai oleh engine search. Mesin pencarian akan lebih mengutamakan situs atau blog yang cepat dan dibawah 3 detik saat diakses.

Untuk mengetahui seberapa cepat website kita bisa diakses, ada banyak tool yang sudah disediakan oleh para web master dunia seperti GT Metrix salah satunya.

GT Metrix akan memberi informasi akurat seberapa cepat website atau blog kita bisa diakses dan seberapa besar page load yang ada di template kita.

Selain itu, GT Metrix juga akan memberi informasi akurat jika ada item yang tertanam dan membuat berat page load sebuah website.

GT Metrix akan memberi rekomendari ketika ada image/foto atau gambar yang harus dikompresi, juga java script yang perlu diperbaiki.

Meski kita menulis hanya untuk kesenangan atau sekedar hobi, tentunya tak salah jika kita mencoba untuk memperbaiki tampilan dan juga kecepatan website kita saat diakses oleh pembaca.

Untuk memulainya, kita bisa mencobanya dengan menguji website kita di GTMetrix Tester. Baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Uji Kecepatan Situs di GTMetrix, Analyze Your Site's Speed and Make it Faster!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel