ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Iklim Band Rock Asal Malaysia Yang Cukup Populer di Indonesia di Awal Tahun 1990

On September 25, 2016 with No comments


Soeara Rakjat, Bagi anda yang mengalami masa-masa remaja di awal tahun 1990 hingga pertengahan 2000-an, tentunya anda hafal betul dengan kiprah salah satu band asal Malaysia, Iklim. Iklim adalah salah satu band genre Rock negeri jiran yang turut meramaikan blantika musik Indonesia saat itu.

Pasca boomingnya lagu Isabella yang melejitkan nama Amy (Suhaimi) bersama grup Seacrh, cukup banyak band-band Malaysia yang menyerbu dan turut mendulang sukses di Indonesia. 

Di tahun 1990-an, mereka cukup berjaya, bahkan hanya penyanyi dan band Indonesia yang memiliki kualitas di atas rata-rata yang dinilai mampu menyaingi mereka saat itu. Ahmad Albar (Gong 2000), Slank, Dewa 19, Nicky Astria, Nike Ardila, adalah beberapa nama yang tak tergoyahkan ditengah sebuan band-band asal Malaysia tersebut.

Iklim sendiri adalah band Malaysia asal Trengganu yang dibentuk pada tahun 1990, dengan debut album mereka yang cukup sukses yakni Satu Kesan Abadi. Album ini berhasil meraih Platinum dan melejitkan beberapa singel hit diantaranya Suci Dalam Debu di tahun pertamanya.

Terbentuknya Iklim adalah atas prakarsa sang vokalis utama yakni Saleem Abdul Majid atau yang lebih populer dengan nama Saleem. Saleem lantas mengajak beberapa temannya untuk membentuk sebuah grup musik dan mulai berpetualang dari panggung ke panggung.

Sebelum nama Iklim resmi digunakan, mereka sering manggung di pub. Mereka juga menerima undangan secara eksklusif ataupun di resepsi pernikahan di negara bagian Trengganu pada awal tahun 1998.

Keberuntungan mulai berpihak pada band ini saat SCS Record memberi kepercayaan pada mereka untuk membuat album perdana di tahun 1990. Nama Iklim pun mulai resmi digunakan seiring dengan debut album yang diluncurkan. 

Album ini cukup sukses dan laris manis, lagu Suci Dalam Debu, Sandiwara Cinta Semusim, atau Hakikat Sebuah Cinta, adalah beberapa singel hit yang sangat populer di Malaysia, Brunei dan bahkan hingga ke Indonesia.
Berbeda dengan album pertama yang beredar di Malaysia yang bertajuk Satu Kesan Abadi, album pertama Iklim yang beredar di Indonesia bertitel Suci Dalam Debu. Saking populernya di Indonesia, Saleem pun lantas diduetkan dengan salah satu penyanyi Indonesia yakni Popy Mercury.

Pada awal masa berdirinya, band ini beranggotakan 5 pemuda asal Trengganu, Malaysia diantaranya adalah:
  1. Saleem Abdul Majid - Vokal
  2. Umarul Mahdzar - Lead Guitar
  3. Moh Salim - Guitar Bass
  4. Fadhil Suhaimi - Guitar
  5. Kamaruddin - Drum
Hingga kini, Iklim sudah beberapa kali merilis album dan berganti personel. Namun sampai saat ini, Saleem sebagai pionir dan maskot dari grup band Iklim tersebut tetap bertahan dan terus melekat di hati para penggemarnya.

Seiriring dengan pergeseran trend dan selera musik masyarakat di Indonesia khususnya, popularutas Iklim pun mulai memudar di awal tahun 2000-an. Namun begitu, lagu-lagu Iklim masih kerap diperdengarkan dan didendangkan oleh sebagian kita yang menginjak usia remaja di awal tahun 1990-an. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »