Petani Dan Warga Desa Muara Ciasem, Subang, Sambut Datangnya Musim Panen


SoearRakjatDesa Muara, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, merupakan salah satu desa yang produktif menghasilkan produk pertanian, selain dari perikanan.
Panen raya di desa muara blanakan
Petani di Desa Muara Blanakan saat panen
Desa Muara, yang dikenal sebagai ikon perikanan di Subang, juga produktif menghasilkan padi. Areal pesawahan yang ada di Desa Muara pun cukup luas, sebagian besar adalah lahan tekhnis yang termasuk dalam kategori baik.

Saat ini, para petani pun sudah mulai memasuki musim panen. Panen kali ini pun terbilang cukup baik, indikasi ini bisa dilihat dari kondisi padi jelang panen yang rata-rata cukup memuaskan.

Hal ini tentu saja membuat para petani pemilik lahan dan warga desa pada umumnya merasa bergembira. Dengan panen yang baik, tentu roda perekonomian di desa pun akan sedikit mengalami peningkatan.

Hasil produksi pertanian padi, memang menjadi salah satu tulang punggung ekonomi warga desa. Selain produksi ikan laut, dan tambak, sawah juga menjadi pendorong kemajuan ekonomi desa.

Selain dari hasil pertanian baik sawah atau perikanan, Desa Muara juga cukup produktif dalam industri rumahan, khususnya makanan ringan.

Di Dusun Sukamanah, cukup banyak warga desa yang menjadi pengrajin makanan ringan sejenis kripik dan mie lidi. Marketnya pun cukup lumayan, kripik dan mie lidi ini bisa dipasarkan ke seluruh daerah Jawa Barat, hingga DKI Jakarta.

Desa Muara yang terletak di pesisir laut Jawa ini sebenarnya cukup memiliki banyak potensi ekonomi. Namun sayang hal itu belum tergali, seiring dengan masalah infrastruktur yang masih belum cukup memadai.
Musim Panen di Desa Muara Kecamatan Blanakan Subang
Infrastruktur sendiri masih kerap dikeluhkan oleh sebagian besar warga desa, meski tidak dipungkiri pemerintah pun sudah melakukan banyak perbaikan di sana-sini. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Petani Dan Warga Desa Muara Ciasem, Subang, Sambut Datangnya Musim Panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel