Pantai Ciparage Tempuran Karawang, Darurat Sampah, Pemerintah Daerah Harus Segera Turun Tangan


Soeara Rakjat, Jawa BaratCiparage Jaya, adalah sebuah Desa pesisir di pantai utara Laut Jawa. Desa ini berlokasi di sebelah utara Kota Karawang, tepatnya di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Pantai di ciparage tempuran karawang dipenuhi sampah
Pqntai Ciparage Karawang
Di Desa Ciparage Jaya, terdapat sebuah tempat pelelangan ikan yaitu TPI Singaperbangsa. Seperti halnya desa-desa lain di sepanjang pantai utara laut Jawa, Desa Ciparage adalah pemukiman nelayan, juga petani tambak udang dan ikan.

Ciparage Jaya merupakan salah satu penghasil ikan di wilayah Kabupaten Karawang. Selain mengandalkan hasil tangkapan laut, desa ini juga mampu memproduksi ikan dan udang hasil budidaya tambak.

Cukup banyak warga dari daerah Karawang dan sekitarnya yang mengunjungi desa ini. Mereka berkunjung untuk menikmati suasana pantai, sekaligus bisa membawa pulang beragam jenis ikan, udang, kepiting, kerang dan hasil laut lainnya.

Namun sayang, desa ini sepertinya kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan. Di desa ini, kita bisa dengan mudah menemukan tumpukan sampah berserakan. Sampah-sampah ini dibuang dan dibiarkan begitu saja oleh warga.

Warga kerap membuang sampah di sungai, saluran air, tambak, pekarangan rumah atau lahan kosong. Warga desa ini juga terlihat nyaman dan sepertinya tak merasa risau dengan lingkungannya yang kini mulai tercemar.

Hal itu sangat mungkin karena kurangnya kesadaran warga, warga merasa bahwa sampah-sampah yang mayoritas plastik limbah rumah tangga ini tidak akan memberi dampak buruk pada lingkungannya. Padahal sampah-sampah yang menumpuk, sebagian akan terbawa hanyut ke laut.

Sepertinya ini menjadi tugas berat Pemkab Karawang untuk menumbuhkan kesadaran pada warganya terkait sampah. Tidak hanya cukup dengan menyediakan bak sampah yang kapasitasnya kecil, akan tetapi Pemkab juga harus rutin menerjunkan Dinas Kebersihan ke Desa Ciparage Jaya ini.

Melihat kondisi ini, tentunya pemerintah harus segera berkoordinasi dengan aparat Desa dan pihak Kecamatan, agar mampu menyadarkan warga untuk tidak lagi membuang sampah tidak pada tempatnya. Karena masalah sampah bukanlah masalah yang ringan dan sepele.
Pemukiman Nelayan Ciparage Tempuran Karawang Jawa Barat
Laut adalah sumber devisa bagi negara dan rakyatnya, jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin suatu saat laut kita akan semakin tercemar dan tidak produktif lagi. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Pantai Ciparage Tempuran Karawang, Darurat Sampah, Pemerintah Daerah Harus Segera Turun Tangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel