Musim Panen : Harga Jual Gabah Jatuh Banyak Para Petani Yang Mengeluh


Soeara RakjatIndonesia. Saat ini, para petani di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Jawa Barat sedang menyambut datangnya musim panen. Banyak dari para petani ini yang merasa bergembira, meski masih ada sedikit yang mengecewakan mereka.

Petani bergembira, karena dengan datangnya musim panen, mereka akan segera bisa memetik hasil jerih payahnya selama ini.

Sementara mereka juga merasa sedikit kecewa, hal itu disebabkan karena menurunnya harga gabah hasil panen di beberapa tempat. Harga gabah yang pada musim panen lalu berkisar atara Rp 550.000 per kuintal, kini hanya mencapai Rp 430.000 - 450.000 per kuintalnya.

Hal ini tentu membuat pemasukan bagi para petani pemilik lahan mengalami sedikit penurunan. Sementara itu, biaya tanam sendiri masih tetap sama tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Seorang petani asal Subang, Jawa Barat, menuturkan bahwa harga gabah ini fluktuatif, dan sangat bervariasi. Harga gabah bisa berubah-ubah dalam hanya hitungan minggu, bergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

Jika ditempat lain sedang berlangsung musim panen dengan intensitas yang tinggi, itu bisa secara langsung mempengaruhi harga gabah di beberapa daerah. Untuk itulah, para petani ini kemudian berharap agar pemerintah bisa mencari solusinya.

Musim panen sendiri diprediksi masih berlangsung hingga beberapa pekan ke depan. Banyak para petani yang masih belum memanen sawahnya yang berharap agar harga kembali normal, atau lebih baik lagi dari musim panen sebelumnya.

"Semoga pas saya panen harga gabah bisa normal, kalau harga gabah lebih mahal kami senang," ujar Indrawati, seorang petani asal Subang, Jawa Barat.
Musim Panen di Desa Muara Kecamatan Blanakan Subang
Penurunan harga ini tak hanya dialami oleh varietas Ciherang, yang memang menjadi jenis padi atau gabah mayoritas saat ini, harga gabah Ketan pun yang pada musim lalu mencapai Rp 700.000 lebih per kuintal, kini mengalami penurunan. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Musim Panen : Harga Jual Gabah Jatuh Banyak Para Petani Yang Mengeluh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel