Singa Barong, Salah Satu Kereta Tertua Di Indonesia Yang Kini Muncul Ditengah Kota Cirebon

Singa barong kereta kencana kasepuhan cirebon

Soeara Rakjat. CirebonSinga Barong, adalah salah satu benda cagar budaya yang cukup populer, dan memiliki nilai histori yang tinggi bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya bagi warga Cirebon. Singa Barong adalah kereta kencana, kendaraan para raja Kesultanan Cirebon di masa lampau.

Menyambut ulang tahun CSB Mall, replika asli milik keraton Kasepuhan ini muncul di CSB Mall untuk dipamerkan kepada pengunjung, dan masyarakat Cirebon. Menurut Aria Bima seorang abdi dalem Keraton Kasepuhan, Singa Barong ini dipamerkan sejak hari selasa lau.

"Sudah sejak Selasa Singa Barong ada disini. Tapi ini replika mas, yang asli tidak boleh keluar Keraton," ujar Aria Bima, saat ditemui di Lobby CSB Mall, 20 Maret 2016.

Singa Barong adalah sebuah kereta kencana, yang biasa dipergunakan oleh Raja ataupun Sultan, untuk kirab keliling Kota Cirebon. Dimasa lalu, setiap tanggal 1 Syura dan 1 Muharam, sultan akan melakukan kirab budaya dan berkeliling Kota Cirebon menggunakan kereta ini.

Menurut penuturan Aria Bima yang bersumber dari berbagai catatan di Keraton Kasepuhan, Kereta Singa Barong sendiri di buat pada tahun 1549 M, oleh Panembahan Losari, cucu dari Sunan Gunung Jati, dengan bantuan seorang pemahat asal Kaliwulu Ki Notowiguna.

Singa Barong merupakan karya asli putera Kacirebonan, yang memiliki nilai seni dan artistik tinggi. Singa Barong adalah kereta kebanggaan Keraton Kasepuhan, keraton paling megah yang masih terawat dengan baik di Kota Cirebon. Singa Barong juga adalah salah satu yang tertua di Indonesia, karena keberadaannya sejak abad 16.

Kereta Singa Barong ini pertama kali digunakan oleh raja ke IV dari Keraton Kasepuhan Cirebon yang dulunya bernama keraton Pakungwati. Pakungwati sendiri adalah nama lain dari mendiang isteri Sunan Gunung Jati.

Nama Pakungwati diabadikan untuk memberi penghormatan terhadap Sunan Gunun jati, yang diyakini sebagai leluhur Kesultanan Cirebon.

Sejak itu pula Kereta ini terus dipergunakan secara turun temurun, dan baru dihentikan penggunaannya pada tahun 1942, karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan, dan mulai rentan termakan usia.
Pawai Kereta Kebesaran Keraton Pangeran Gebang Cirebon
Singa Barong kini tersimpan di museum kereta disisi bangunan Taman Dewandaru, kereta asli sudah tidak boleh keluar atau dipergunakan lagi. Hingga kini kereta Singa barong asli masih terawat dan dijaga dengan baik. baim
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Singa Barong, Salah Satu Kereta Tertua Di Indonesia Yang Kini Muncul Ditengah Kota Cirebon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel