Desa Muara, Salah Satu Sentra Penghasil Udang Di Subang Berskala Eksport | Bisnis


Blanakan. Muara adalah sebuah desa yang mengandalkan perekonomiannya dari sektor pertanian dan perikanan, selain areal pesawahan desa ini juga memiliki sumber ekonomi lain yakni dari perikanan, baik itu yang dihasilkan dari laut (nelayan) ataupun dari budi daya tambak.
Budidaya Udang Vanamee di Desa Muara Blanakan Subang
Meski tak sedikit Masyarakat desa ini yang menjadi pedagang, buruh pabrik atau pekerja lainnya, tetapi sektor pertanian dan perikanan masih tetap menjadi andalan dan sumber utama perekonomian bagi warga desa Muara.

KUD Mina Bahari adalah salah satu lembaga koperasi mandiri yang terbesar di kabupaten Subang, bersama beberapa KUD lainnya, Mina Bahari adalah penyumbang terbesar dari hasil perikanan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Subang.

Selain KUD Mina Bahari, kita akan dengan mudah menemui beberapa Unit Usaha dari skala kecil hingga menengah, unit usaha ini menampung ikan atau udang dari para petani tambak dan nelayan yang kemudian mereka kirim keberbagai daerah di Jawa Barat, terutama DKI Jakarta.

Vanamee adalah salah satu budidaya udang yang kini sedang digalakan oleh masyarakat petani tambak di desa muara. Bekerjasama dengan perusahaan Nasional para petani ini mampu menghasilkan jenis udang yang berkualitas dan beberapa diantaranya berorientasi Eksport.

Namun dengan kondisi ini, tidak serta merta membuat pembangunan didaerah utara subang termasuk Desa Muara menjadi lebih baik atau minimalnya sama seperti didaerah selatan.

Masyarakat Pantura masih beranggapan bahwa Pemerintah Daerah masih menganaktirikan daerah utara dan lebih menjadikan daerah selatan sebagai prioritas dalam hal pembangunan.
Soeara Rakjat Just Think of Reading, Writing and Vlogging! We Can Share Everything!

0 Response to "Desa Muara, Salah Satu Sentra Penghasil Udang Di Subang Berskala Eksport | Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel