ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Stasiun Bandung Jalur Kereta Api Penghubung Kota Besar di Jabar, Jateng, Jatim dan Jakarta

On November 29, 2019 with No comments

Stasiun Bandung adalah stasiun kereta api tertua dan terbesar di Jawa Barat. Stasiun Bandung yang juga populer dengan sebutan Stasiun Hall ini adalah stasiun kereta api besar tife A, yang mulai diresmikan sejak tahun 1884.. Stasiun Bandung terletak di daerah batas antara Kelurahan Kebon Jeruk Andir dan Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung Jawa Barat.
Stasiun Hall Bandung Stasiun bersejarah stasiun kereta terbesar di jawa barat
Stasiun Kereta Api Kota Bandung Jawa Barat/Stasiun Hall
Bandung. Stasiun kereta api Bandung terletak di kawasan pusat kota yang cukup strategis, yaitu di Jalan Stasiun Nomor 1 Kebon Jati (berdekatan dengan kawasan Pasar Baru Trade Center) atau disebut juga pintu selatan.

Sementara pintu utara Stasiun Bandung berada di Jalan Kebon Kawung Nomor 43, yang bisa diakses dengan mudah dari sekitar Rumah Sakit Mata Cicendo.

Stasiun Bandung sendiri adalah stasiun kereta api terbesar di Jawa Barat, yang berada di bawah tata kelola PT Kereta Api Indonesia  Daerah Operasi (Daops) II Bandung, Jawa Barat.

Karena lokasinya yang berada di pusat keramaian kota, Stasiun Bandung sendiri sangat ramai oleh keberadaan angkutan umum terutama jenis angkutan kota (angkot), yang hilir mudik sepanjang waktu.

Karenanya, Stasiun Bandung juga kadang disebut terminal atau stasiun angkot. Terlebih, Stasiun Bandung berdekatan dengan Pasar Baru, yang merupakan salah satu kawasan pusat wisata belanja terbesar di Kota Bandung.

Selain sebagai stasiun kereta api terbesar di wilayah Jawa Barat, Stasiun Bandung juga merupakan pilot project atau stasiun percontohan, yang oleh PT (KAI) Kereta Api Indonesia dijadikan sebagai standar mutu dan pelayanan kereta api publik.

Dari segi kualitas dan pelayanan, Stasiun Bandung sendiri adalah salah satu stasiun yang menerapkan sistem check in dan boarding pass layaknya bandara, sejak tahun 2016 lalu. Sejak Oktober 2018, Stasiun Bandung juga bahkan sudah menerapkan sistem X-Ray atau sinar laser untuk memindai barang atau bagasi penumpang.

Jauh sebelumnya, Stasiun Bandung atau Stasiun Hall ini juga menjadi salah satu stasiun kerera api pertama yang menerapkan sistem sinyal atau gelombang elektrik sejak awal tahun 1970-an.

Sejarah Stasiun Bandung yang dahulu populer dengan sebutan Stasiun Hall sendiri bermula pada sekitar tahun 1870. Menurut berbagai sumber sejarah, Stasiun Bandung mulai dibangun karena kebutuhan transportasi terkait mulai dibukanya lahan perkebunan yang cukup masif di seputaran wilayah Bandung.

Stasiun Bandung sendiri mulai dibangun bersamaan dengan jalur kereta api Batavia (Jakarta) - Bandung, melalui jalur Buitenzorg (Bogor) dan Cianjur, dan mulai beroperasi secara resmi pada tanggal 17 Mei 1884, di masa pemerintahan Bupati Koesoema Dilaga.

Dengan keberadaan jalur kereta api Batavia (Jakarta) - Bandung tersebut, maka para tuan tanah dan pengusaha perkebunan bisa lebih cepat mengirim hasil perkebunan ke Jakarta (Batavia).

Setelah Stasiun Bandung dan jalur kereta api Jakarta - Bandung beroperasi, beberapa tahun kemudian dibangun jalur kereta api Bandung - Surabaya, yang mulai resmi beroperasi pada sekitar tahun 1894. Dengan kondisi tersebut, tentunya bisa makin mempermudah akses logistik hasil perkebunan terutama gula (tebu) di wilayah pulau Jawa.

Tak hanya stasiun dan jalur kereta api, cukup banyak pula gudang untuk menyimpan hasil perkebunan sebelum diangkut dan dikirim dengan gerbong kereta api. Gudang tersebut diantaranya berada di Andir, Pasirkaliki, Kosambi, Cibangkong, Ciroyom, Cikudapateuh, bahkan hingga Braga.

Untuk bisa menuju ke Stasiun Bandung, para penumpang maupun para pengantar dan penjemput bisa melalui pintu selatan di Jalan Kebon Jati di sekitar kawasan Pasar Baru, atau pintu utara di Jalan Kebon Kawung, tak jauh dari RS Cicendo.

Stasiun Bandung rute kereta api
  • Argo Parahyangan (Bandung - Jakarta PP)
  • KA Lodaya (Bandung - Solo Balapan PP)
  • Ciremai (Bandung - Semarang Tawang via Cikampek)
  • Argo Wilis (Gambir - Bandung - Tasik -Cilacap - Surabaya Gubeng)
  • Malabar (Bandung - Malang Kota Baru via Kediri)
  • Pangandaran (Jakarta - Bandung - Banjar Ciamis)
  • Mutiara Selatan (Bandung - Surabaya - Malang)
  • Harina (Bandung - Surabaya Turi via Cikampek)
  • Turangga (Bandung - Surabaya - Malang PP)
  • Cibatu atau Simandra dan Bandung Raya (kereta api lokal).
Stasiun Kereta Api Bandung yang Legendaris dan Bersejarah
Saat ini, Stasiun Bandung sendiri menjadi stasiun kereta api yang cukup penting karena melayani para penumpang dengan trayek atau rute (tujuan) ke berbagai kota besar di Pulau Jawa, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. mch
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »