ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Syukuran Nelayan, Ruat Laut Desa Muara Ciasem akan Digelar pada Minggu 1 Oktober 2017

On September 21, 2017 with No comments


Soeara Rakjat. Muara. Masyarakat nelayan di Desa Muara, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, akan kembali menggelar kegiatan syukuran nelayan atau yang dikenal dengan Ruat Laut. Ajang dua tahunan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur para nelayan karena selama ini mereka bisa mendapatkan ikan dan udang juga hasil laut lainnya yang melimpah.
Sykuran nelayaj di teluk ciasem
Ruat Laut Desa Muara Ciasem, Blanakan, Subang
Prosesi ruat laut sendiri akan digelar di lepas pantai Teluk Ciasem yang juga tempat bermuaranya sungai Ciasem. Ritual berupa ruat laut atau pesta laut sendiri sudah berlangsung sejak lama dan merupakan seremoni budaya warisan dari nenek moyang dan leluhur masyarakat nelayan di desa Muara dan Tanjungtiga.

Mengenai waktunya, syukuran nelayan ini akan digelar pada hari Minggi, 1 Oktober 2017 dan akan dipusatkan di KUD Mina Bahari, yang merupakan induk dari para nelayan di Desa Muara dan Tanjungtiga. Beberapa hari terakhir, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sudah berdiri sejak 1930-an ini sudah mulai berbenah dan melakukan berbagai persiapan untuk terselenggaranya acara tersebut.

Selain ritual utama yakni melarung kepala kerbau untuk makanan ikan di sekitar teluk Ciasem, syukuran nelayan ini juga disemarakan oleh berbagai kemeriahan dan juga hiburan rakyat. Dengan menggandeng beberapa perusahaan sebagai sponsor, KUD Mina Bahari berusaha untuk membuat kegiatan syukuran nelayan ini bisa menghibur masyarakat nelayan dan juga para pengunjung.

Selain kesenian tradisional wayang kulit semalam suntuk sebagai hiburan utama, akan hadir pula beberapa kesenian tradisional lainnya seperti pentas sandiwara. Tak hanya kesenian tradisional, beberapa kesenian modern diantaranya Organ Dian Sastra asal,Cirebon turut pula memeriahkan Ruat Laut Desa Muara.

Sepekan sebelumnya, masyarakat juga akan dihibur oleh tournamen bola voley yang akan menghadirkan klub-klub ternama dengan pemain-pemain profesional dan bahkan beberapa diantaranya adalah pemain nasional.
Menurut Manager KUD Mina Bahari Irmaya Diantoro, ruat laut dipastikan akan digelar pada awal Oktober ini. "Seperti yang sudah disepakati bersama, syukuran nelayan desa Muara akan dilangsungkan pada hari Minggu tanggal 1 Oktober. Semoga tak ada kendala agar kegiatan ini berjalan sukses," ujar Irmaya saat ditemui di TPI Mina Bahari. mch/baim
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »