ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Potensi Bisnis Ikan dan Udang di Kawasan Blanakan dan Pantura Subang

On June 01, 2017 with No comments

Potensi usaha ikan dan udang di Desa Muara, adalah salah satu yang terbesar di kawasan pesisir utara Subang, Jawa Barat. Selain luasnya areal tambak budidaya ikan dan udang, di desa ini juga banyak terdapat perusahaan dari skala kecil, menengah hingga besar yang bergelut di bidang perikanan dan udang.

Seorang pekerja sedang mensortir dan mengemas udang
Soeara Rakjat, Desa Muara, adalah salah satu desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Blanakan dan dikenal sebagai salah satu penghasil produksi ikan dan udang terbesar di kawasan utara Subang. Bersama beberapa desa lainnya di wilayah Blanakan, potensi hasil perikanan di desa ini sangatlah menjanjikan.

Selain hasil budidaya tambak, desa Muara juga dikenal produktif dengan hasil tangkapan (ikan) lautnya. Di desa ini, cukup banyak terdapat nelayan tradisional yang setiap harinya melaut untuk menangkap ikan dan udang.

Karenanya, di desa ini juga berdiri sebuah Koperasi Unit Desa (KUD) yang menjadi induk para nelayan di Desa Muara dan juga Desa Tanjungtiga yang menjadi tetangganya. KUD Mina Bahari adalah salah satu yang tertua dan terbesar di Subang, bahkan di Jawa Barat bagian utara.

Besarnya potensi yang ada, tentunya banyak melahirkan pengusaha-pengusaha yang mengelola hasil perikanan tersebut. Ikan dan udang hasil budidaya maupun tangkapan laut ini kemudian dibeli dan ditampung oleh para pengusaha sebelum akhirnya dipasarkan ke berbagai daerah terutama ke Ibukota Jakarta.

Sebelum dipasarkan, udang-udang ini akan disortir dan dikemas sedemikian rupa sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar. Sebelum dikemas, udang-udang tersebut akan disortis berdasarkan jenis dan ukuran, agar menghasilkan size atau ukuran yang sama.

Setelahnya, udang-udang ini akan dikirim ke berbagai tempat terutama di Jakarta. Selain dipasarkan di pasar ikan dan udang skala nasional seperti Muara Angke dan Pasar Ikan, sebagiannya juga dikirim ke berbagai perusahaan atau pabrik pengolahan dan juga perusahaan ekspor-impor udang dan ikan.

Selain menampung ikan dan udang hasil budidaya atau tangkapan laut, kehadiran usaha dagang (UD) yang dikelola oleh para pengusaha di desa Muara ini juga memberi cukup banyak lapangan pekerjaan pada warga sekitarnya. Saat ini, ratusan warga desa Muara bekerja di berbagai perusahaan ikan dan udang, hingga industri pengolahan ikan asin.
Seorang warga Dusun Sindanglaut, Desa Muara bahkan menuturkan, dirinya sudah sangat lama bekerja di salah satu perusahaan. "Saya sudah sangat lama bekerja di sini. Selain menyortir dan mengemas udang atau ikan, saya juga sering ke Jakarta yaitu Muara Angke dan Pasar Ikam untuk mengawal," ujar Baron, seorang karyawan UD Kacung Jaya. mch
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »