ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

ARD: Seni Beladiri Pencaksilat Harus Kembali Menjadi Kesenian yang Dicintai Masyarakat

On May 15, 2017 with No comments

Pencaksilat, adalah seni beladiri tradisional yang sangat identik dengan masyarakat Jawa Barat. Sayangnya, kesenian ini sepertinya mulai kurang diminati khususnya oleh kaum muda. Karena hal itulah banyak pihak yang kini sedang berusaha untuk kembali menanamkan kecintaan generasi muda terhadap kesenian tersebut.
Ketua umum pan
Asep Rochman Dimyati (ARD) Ketua DPP PAN Subang
Soeara Rakjat. Kecintaan masyarakat khususnya generasi muda Jawa Barat terhadap seni beladiri Pencaksilat, belakangan ini memang terasa makin memudar. Seiring masuknya budaya asing yang kian gencar melalui berbagai media, membuat seni-tradisi asli Sunda perlahan kian tenggelam.

Karenanya, banyak pihak yang merasa khawatir dan lantas berusaha untuk kembali mengenalkan Pencaksilat kepada masyarakat khususnya generasi muda. Belakangan, kesenian tradisional asli Jawa Barat salah satunya pencaksilat memang seperti tak lagi diminti. Kesenian ini makin tergerus oleh budaya populer khususnya dari belahan dunia barat.

Hal tersebut diungkap oleh salah satu tokoh dan pemerhati seni yang juga Ketua Umum DPD PAN Subang Asep Rocham Dimyati atau yang lebih populer disapa ARD. Menurutnya, apresiasi kaum muda terhadap kesenian tradisional asli sudah semakin berkurang dan memudar.

Karena hal itu pula ARD selalu berusaha untuk bisa menampilkan kesenian tradisional Jawa Barat dalam setiap kesempatan. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar generasi muda yang semula tidak mengenal betul seni, tradisi dan budaya masyarakat Sunda akan kembali mencintai budaya leluhurnya.

"Kami selalu berusaha untuk bisa menampilkan kreasi dan seni budaya asli Sunda terutama dalam kegiatan atau acara resmi. Waktu Ketua MPR RI ke Subang untuk mensosialisakan empat pilar kebangsaan, kami juga menyambut beliau dengan Sisingaan dan atraksi Pencaksilat," terang ARD saat ditemui di kantor DPD PAN Subang.

Lebih lanjut ARD juga mengungkapkan, Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum PAN tersebut merasa sangat terkesan. Saat melantik jajaran kepengurusan DPC PAN Subang di Graha Stiesa, Zulkifli Hasan memang sempat diarak dan naik Sisingaan, dan kemudian menyaksikan atraksi Pencaksilat.

"Selain memaparkan empat pilar kebangsaan, sebelumnya beliau hadir dalam acara konsolidasi dan temu kader yang sekaligus menjadi ajang pelantikan kepengurusan PAN tingkat kecamatan, di Graha Sofia Stiesa," pungkas Asep Rochman Dimyati.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa remaja paguyuban seni Pencaksilat dari salah satu Sekolah Menengah Atas di Subang sangat sigap memperagakan jurus-jurus Silat. Ketua MPR RI pun sangat mengapresiasi dan begitu mengagumi seni Pencaksilat.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan sendiri mengaku mendapat sambutan yang sangat luar biasa dan belum pernah ia alami sebelumnya. Bang Zul sangat mengapresiasi upaya ARD dan DPD PAN Subang yang menyambut kehadiran dirinya dengan kesenian tradisional asli Jawa Barat ini.

"Apa yang dilakukan oleh ARD (Asep Rochman Dimyati) dan DPD PAN Subang yang lebih mengedepankan kesenian tradisional bisa menjadi contoh untuk daerah lain," ujar Zulkifli Hasan kala itu.
Selain sebagai Ketua DPD PAN Subang, Asep Rochman juga merupakan salah satu tokoh paguyuban artis dangdut Subang. Belakangan, nama ARD juga santer diberitakan akan maju menjadi Cabup/Cawabup dalam Pilkada Subang 2018 mendatang. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »