ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Sering Melakukan Penampakan, Sundel Bolong Hanya Legenda ataukah Kisah yang Nyata?

On January 07, 2017 with No comments


Soeara Rakjat, Kisah Misteri. Sundel Bolong, adalah sebuah fenomena hantu yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sundel Bolong adalah sesosok hantu wanita yang sangat mirip dan identik dengan kuntilanak dan hanya bisa dibedakan saat kita melihat punggungnya yang bolong atau berlubang. Punggung yang berlubang ini konon disebabkan karena Sundel Bolong melahirkan bayinya melalui punggung saat ia berada di dalam kubur.
Sejarah Sundel bolong dan kuntilan
Legenda Sundel Bolong
Seperti halnya Kuntilanak, Sundel Bolong juga selalu mengenakan gaun panjang berwarna putih dengan rambut yang panjang terurai menutupi sebagian organ-organ tubuhnya yang bolong. Selain itu, suara tawa Sundel Bolong juga disebut-sebut sangat mirip dengan kuntilanak. Perbedaannya, Sundel Bolong adalah sesosok hantu wanita yang awalnya berasal dari bangsa manusia yang melahirkan di dalam kubur kemudian menjadi hantu.

Beberapa pakar dunia gaib menyebut bahwa Kuntilanak adalah manusia yang telah menjelma menjadi hantu karena menjadi pengikut Syeitan, dan akan mengganggu manusia dalam bentuk seorang wanita yang kadang terlihat cantik dan kadang juga menyeramkan. Banyak pula yang menyebut bahwa Kuntilanak digolongkan pada spesies siluman, sementara Sundelbolong dikasifikasikan sebagai arwah penasaran.

Konon, Sundel Bolong juga sangat pupuler di Malaysia. Bahkan popularitas Sundel Bolong di Indonesia ini kabarnya karena banyaknya imigran asal Jawa yang kemudian kembali ke kampung halamannya dengan membawa kisah misteri ini. Tak ayal, kisah Sundel Bolong inipun menambah ramai khazanah budaya hantu di Indonesia kala itu.

Kondisi mayoritas pedesaan di Indonesia yang masih sangat sepi saat itu, makin mendukung berkembangnya kisah-kisah horor yang salah satunya melibatkan sosok hantu Sundel Bolong. Sundel Bolong dan Kuntilanak pun kini sudah menjadi hantu pandemik Indonesia yang diidentifikasikan sama dan hanya memiliki sedikit perbedaan saja.

Menurut beberapa budayawan, hantu Sundel Bolong ini diduga adalah sebuah mitos yang sengaja diciptakan dan disebarkan di nusantara untuk melindungi atau menghindarkan gangguan laki-laki terhadap kaum wanita di pedesaan atau daerah terpencil saat mereka berjalan sendirian di malam hari. Di masa lalu, gangguan laki-laki khususnya yang berniat memperkosa sedikit banyaknya bisa dihindari dengan adanya kisah ini.

Sementara versi Malaysia menyebut bahwa Sundel Bolong ini berasal dari wanita 'Sundal' (wanita jalang, liar kadang pelacur) yang karena hamil diluar nikah dan tak ada yang mau bertanggung jawab maka ia pun merasa malu dan akhirnya bunuh diri. Namun saat ia sudah dikubur, janin yang ada dalam rahimnya terus hidup dan akhirnya terlahir dan keluar melalui bagian punggung. Sejak itu pula arwahnya akan penasaran dan menuntut balas.

Meski sebagian menyebutnya hanya sebagai mitos, namun tak sedikit masyarakat yang mengaku pernah bertemu dan melihat langsung hantu Sundelbolong yang menyerupai Kuntilanak ini. Cerita ini didukung oleh banyaknya pengakuan warga yang meski tidak mengetahui persis apakah itu Sundelbolong atau bukan namun pernah merasakan kehadirannya.

Seorang sesepuh kampung menuturkan bahwa pada tahun 1930-an, seorang warga desa Muara, Subang, Jawa Barat, pernah selalu didatangi oleh arwah istrinya yang baru saja dikubur setelah meninggal saat hamil besar. Sejak tiga hari dimakamkan, setiap malam istrinya selalu datang dan meminta dibukakan pintu. Meski tak melihat langsung, namun suaminya merasa sangat yakin bahwa itu adalah suara istrinya.

Merasa tidak tenang, suaminya ini lalu mendatangi seorang ulama di sebuah pesantren di Cirebon untuk meminta bantuan. Sang ulama hanya menyarankan agar ia meningkatkan iman kepada Allah SWT dengan mendirikan shalat lima waktu dan mengaji Al Qur'an disetiap malam untuk menghindari gangguan Jin dan Syeitan.

Setelah suaminya mau menjalan syariat agama Islam dengan istiqomah, gangguan-gangguan itu lenyap seketika. Menurutnya, hal itu diyakini sebagai gangguan dari bangsa Jin melalui segumpal darah yang tak sempat dibersihkan. "Itu hanya golongan Jin yang menyerupai bentuk atau suara orang yang kita kenal melalui setetes darahnya yang tertinggal lalu kering dan tak sempat dibersihkan," ujarnya, penuh keyakinan.

Meski banyak yang menganggapnya hanya sebuah mitos, namun beragam kisah misteri termasuk fenomena Sundel Bolong atau Kuntilanak ini tidak mustahil terjadi dan bisa saja kita alami. Untuk menghindarinya, kita harus meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allas SWT, karena tidak semata-mata diciptakan jin dan manusia selain untuk bersujud menyembah-Nya. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »