ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Singa Dangdut dan Mamanukan, Kesenian Tradisional Khas Masyarakat Pesisir Utara Jawa barat

On December 27, 2016 with No comments

Andi putra grup singa dangdut asal bongas indramayu
Sisingaan/Kuda Depok, kesenian khas masyarakat Pantura Jawa Barat
Soeara Rakjat, Jawa Barat. Khitanan atau sunatan dalam bahasa lokal khususnya di Jawa Barat, merupakan salah satu ritual atau prosesi yang diwajibkan bagi setiap anak laki-laki Muslim. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, tentunya sunatan sudah begitu membudaya selain sebagai sebuah kewajiban.

Di Jawa Barat khususnya di daerah pesisur utara, prosesi khitan ini selalu diwarnai dengan berbagai pagelaran atau parade seni budaya yang sudah dianut dan menjadi kearifan lokal bagi masyarakat sekitar. Di daerah Cirebon hingga Subang dan sebagian Karawang, dikenal adanya tradisi arak-arakan.

Awalnya, arak-arakan ini merupakan kesenian tradisional yang mewakili budaya lokal. Anak laki-laki yang akan di khitan, kemudian menaiki Sisingaan (patung singa dari kayu yang dipikul oleh empat orang) ataupun seekor kuda yang dirias (jaran urip) yang lantas diarak berkeliling kampung.

Sisingaan sendiri adalah kebudayaan asli masyarakat Subang yang kemudian menyebar ke beberapa daerah di sekitarnya. Sisingaan atau Kuda Depok menurut sebagian masyarakat Indramayu, belakangan ini sudah sedikit berubah dan bergeser dari pakem atau budaya aslinya.

Kesenian yang sering juga disebut juga odong-odong atau Citot tersebut kini sudah berpadu dengan kebudayaan modern. Jika dahulu kesenian ini selalu diiringi dengan seni kendang pencak, ketuk tilu maupun kesenian tradisional sejenis, kini kesenian ini menggunakan seni modern Pantura sebagai musik pengiringnya.

Jika dahulu hanya menggunakan Sisingan, kini beragam hewan hasil kreasi seperti dinosaurus, burung raksasa, gajah purba, terkadang juga buraq digunakan untuk mengganti Singa. Kesenian ini begitu digemari oleh masyarakat pesisir dari daerah Karawang, Subang, Cirebon, Indramayu hingga sebagian Brebes.

Salah satu grup kesenian Sisinggan atau Kuda Depok yang cukup terkenal saat ini adalah Andi Putra. Grup odong-odong atau Citot ini berasal dari Bongas, Kabupaten Indramayu. Tak hanya di daerah Indramayu, Andi Putra Grup juga sering pentas di sebagian daerah Cirebon, Subang dan Karawang.
Singa Dangdut Andi Putra beralamat di Desa Bongas Blok Pentil, Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Selain bisa mendatangi langsung alamat padepokan singa dangdut tersebut, kita juga bisa menghubungi nomor 0823 2121 9222 dan 0852 2211 6397 untuk reservasi atau sekedar berkonsultasi. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »