ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Setelah Aksi Long March 212, Giliran Mobil Truk Yang Diduga Asal Ciamis Curi Perhatian Netizen

On December 08, 2016 with No comments

Mobil truk penuh nasihat asal ciamis

Soeara Rakjat, Jawa Barat. Beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia khususnya publik di ranah maya begitu gegap gempita membahas sekaligus mengabarkan adanya sekelompok umat Islam asal Ciamis, Jawa Barat, yang melakukan aksi jalan kaki ke Ibukota jelang Aksi Super Damai 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Aksi ini kemudian lebih dikenal sebagai long march 212.

Hingga akhirnya tiba di Bandung dan sebagiannya menggunakan bus ke Ibukota atas inisiatif Gubernur Jawa Barat, sambutan hangat warga begitu terasa di sepanjang perjalanan mereka. Selain rasa haru, warga juga secara sukarela menyediakan berbagai kebutuhan seperti minuman dan makanan untuk peserta Aksi 212 asal Ciamis ini.

Aksi long march 212 ini konon telah membangkitkan ghirah umat Islam di seluruh Indonesia, bahkan mereka juga telah membawa nama Indonesia khususnya Kabupaten Ciamis begitu mendunia. Aksi jalan kaki dan berkumpulnya jutaan umat Islam dalam Aksi 212 di Monas, adalah sesuatu yang sangat langka dan jarang terjadi di belahan dunia manapun.

Saat ini, Netizen di jejaring sosial Facebook juga kembali dihebohkan oleh beredarnya sebuah foto mobil truk. Mobil angkutan barang ini begitu menyita perhatian karena tulisan yang tertera di belakang penutup baknya. Sebuah tulisan yang dinilai sangat memotivasi dan sekaligus penuh inspirasi.

Jika selama ini kendaraan truk angkutan didominasi oleh tulisan-tulisan maupun lukisan-lukisan vulgar yang menghiasi baknya, maka tulisan dalam truk dengan Nomor Polisi Z 9220 DG ini sangat berbeda dan jauh dari kesan vugar yang selama kadung melekat pada mobil truk angkutan.

"Bahagia itu tak harus mewah, Istighfar untuk masa lalu, Bersyukur untuk hari ini, Berdoa untuk hari esok, odjo lali shalat (jangan lupa Shalat)," begituliah barisan kalimat-kalimat bijak yang lebih tepatnya adalah sebuah nasihat yang menempel di bagian belakang truk ini.
Banyak Netizen yang lantas menduga-duga bahwa truk ini juga berasal dari Ciamis. Selama ini, nomor polisi dengan inisial Z, dikenal berasal dari Priangan Timur yang mencakup wilayah Kabupaten Sumedang, Tasikmalaya, Garut, Ciamis dan terkini adalah Banjar. 

Dugaan bahwa truk ini berasal Ciamis pun menguat karena adanya sebaris kalimat dalam bahasa Jawa yaitu odjo lali Shalat atau jangan lupa Shalat. Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah, tak mengherankan jika ada sebagian kecil warga Ciamis yang menggunakan dialek dan bahasa Jawa.

Namun begitu, masih belum ada yang bisa memastikan siapa pemilik truk dan asal daerah dari truk yang memuat kata dan nasihat bijak ini. Hingga saat ini, masih cukup banyak Netizen yang membagi-bagikan foto mobil truk tersebut. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »