ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Jayana dan Dadang Darniah, Duet Maut Tarling Klasik Yang Legendaris

On December 10, 2016 with No comments

Jhon jayana dan dadang darniah maestro tarling klasik

Soeara Rakjat, Jawa Barat. Jhon Jayana, adalah salah satu musisi dan pelaku utama kesenian tradisional Tarling Klasik paling populer kelahiran Karangampel, Indramayu. Jhon adalah pemimpin grup Tarling legendaris yang begitu membumi bagi para pecinta budaya Tarling Klasik hingga saat ini. Nama belakang Jhon yaitu Jayana, adalah akronim dari Jaya Lelana, grup taling yang dipimpinnya.

Jhon Jayana ini kemudian lebih populer dengan nama Jayana. Tak ada yang menyangkal kemampuan olah vokal maupun intuisi Jhon dalam mengaransemen lagu-lagu tarling. Selain suaranya yang melengking tinggi seperti penyanyi Rock, kemampuan Jhon memainkan gitar adalah salah satu kelebihannya.

Kepiawaian Jhon menyanyikan lagu sambil bermain gitar, adalah sebuah anugerah yang tidak dimiliki oleh semua seniman tarling. Bahkan H Abdul Adjib alias Kang Baridin, sang maestro Taring asal Cirebon pun tak begitu mahir memainkan gitar dalam nada-nada Tarling Klasik. H Abdul Adjib hanya mumpuni sebagai biduan tarling namun tak mahir bermain gitar.

Jayana, adalah salah satu sosok penting dalam perkembangan dunia tarling klasik. Sebelum kesenian ini populer sekitar tahun 1960-an, Jhon bahkan sudah menjadi seniman tarling dan sangat populer di kampung halamannya. Sejak akhir tahun 1950, Jhon sudah memainkan kesenian jenis ini bersama para pemuda di desanya.

Popularitas Jhon Jayana pun semakin melejit manakala RRI Cirebon kemudian sering menyiarkan kesenian ini dan sekaligus memberi nama resmi yaitu Tarling yang merupakan singkatan dari itar lan suling atau Guitar dan Seruling.  Sejak itulah Tarling Klasik begitu populer diseluruh Jawa Barat, bahkan hingga sebagian pulau Jawa.

Menurut berbagai catatan, Jhon juga sempat aktif dalam Lembaga Kesenian Rakyat atau Lekra. Jhon tetap eksis dalam kesenian tarling hingga di usia senja. Memasuki tahun 1980-an saat kaset pita mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia termasuk di Jawa Barat, cukup banyak album-album tarling yang diciptakan, diaransemen sekaligus dinyanyikan sendiri oleh Jhon dengan menghadirkan beberapa pesinden kenamaan.

Selah satu sinden yang paling sering berduet dengan Jhon adalah Dadang Darniah. Dadang adalah pemimpin grup tarling Endang Darma, dan juga merupakan salah satu pesinden tarling paling beken asal Indramayu. Pada masanya, Dadang Darniah sangat populer dan memiliki nama besar yang sejajar dengan Hj. Dariyah maupun Hj. Aam Aminah.

Dadang Darniah dan Jhon Jayana, memang memiliki karakter vokal yang sama. Keduanya memiliki nada suara yang tinggi dan melengking, sekaligus cengkok dermayon yang pas. Dimasa jayanya, Dadang dan Jhon selalu menyanyikan lagu-lagu yang sangat indah sekaligus penuh petuah.
Berbeda dengan kesenian yang ada saat ini khususnya di pesisir utara, saat itu kesenian tradisional Tarling klasik termasuk sebagai salah satu media dakwah bagi syiar agama Islam. Baik dari sisi musik maupun syair yang dinyanyikan, Tarling Klasik sangat kaya akan filosofi dan makna kehidupan. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »