ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Google+ Badge

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Hati-hati Bila Menerima Panggilan Telepon Misterius Dengan Kode +77

On December 28, 2016 with No comments


Soeara Rakjat, Techno. Belakangan ini, beberapa pengguna mengaku mendapat panggilan misterius dari nomor yang menggunakan kode negara asing dan bukan dari Indonesia seperti biasanya. Kode panggilan asing tersebut tidak menggunakan nomor kode Indonesia yang berawalan +62 lalu diikuti nomor seluler dari masing-masing operator seluler.

Menurut laporan, beberapa pengguna ponsel mendapatkan panggilan tak dikenal dengan kode nomor +77 atau +37. Biasanya, nomor ini akan menelepon hanya sekali kemudian ditutup. Para pelanggan yang merasa penasaran, kabarnya akan dikenakan biaya US$ 15-30 saat menelpon balik.

Nomor panggilan asing harus diwaspadai karena menipu
Persoalan tersebut sempat memicu kehebohan dan memunculkan pesan berantai yang viral di WhatsApp yang isinya meminta agar para pelanggan pengguna telepon seluler tetap berhati-hati bila menerima telepon aneh dan misterius ini.

Saat dikonfirmasi ke beberapa operator salah satunya Telkomsel, operator pemilik Simpati dan Kartu As ini tidak membantah jika ada beberapa pelanggannya yang melakukan komplain karena menerima panggilan dari kode nomor asing tersebut. GM External Corpcomm Telkomsel Denny Abidin menyebut bahwa nomor panggilan tersebut adalah sebuah spam.

“Sehubungan dengan adanya laporan pelangggan terhadap panggilan dari nomor yang diawali dengan +77, dapat kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan spam yang berasal dari luar negeri,” jelas Denny Abidin, melalui pesan singkatnya kepada CNN.

Denny juga menambahkan, bahwa pihaknya telah melakukan blocking pada panggilan international dari nomor tersebut. Sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi Good Corporate Governance, Telkomsel akan selalu berusaha menjaga kenyaman dan keamanan para pelanggannya.

Di lain pihak, salah satu provider seluler besar lainnya yakni XL Axiata mengaku masih belum atau tidak mendapatkan laporan atau komplain dari pelanggannya terkait adanya panggilan dengan kode nomor +77 maupun kode asing lainnya.

Hal itu diungkap oleh General Manager Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih yang menyatakan bahwa pihaknya belum menerima adanya komplain dari para pelanggannya, "tidak ada komplain yang masuk dan sudah dicek tidak ada nomor XL yang terima telepon dari nomor itu, sih," ujar Tri Wahyuningsih.

Ia juga menegaskan agar para pelanggan XL Axiata tetap wasapada dan tidak sembarang mengangkat panggilan dengan kode nomor asing. Meski demikian, Tri Wahyuningsih menegaskan pihaknya akan tetap melakukan pemantauan.

Kode +77 sendiri adalah kode internasional yang merujuk ke negara Rusia atau Kazakstan. Belakangan, kode tersebut banyak dikeluhkan karena melakukan panggilan spam ke para pengguna telepon seluler di Indonesia. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »