ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Esok, 300 Ribu Umat Islam Bandung Raya Akan Gelar Aksi 1212

On December 11, 2016 with No comments

300.000 umat islam bandung gelar aksi 1211

Soeara Rakjat, Jawa Barat. Esok, umat Islam di wilayah Bandung Raya akan kembali menggelar aksi damai. Aksi umat Islam yang dipusatkan di kota Bandung ini bertajuk Pesantren Perekat NKRI. Aksi akan dimulai sejak shalat Subuh sekitar pukul 05.00 WIB di Masjid Raya Provinsi Jabar, alun-alun Kota Bandung, Senin 12 Desember 2016.

Rencananya, seusai shalat Subuh, massa aksi yang dikenal dengan aksi 1212 tersebut akan bergerak berjalan kaki menuju Lapangan Gasibu di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung. "Kami perkirakan acara ini akan dihadiri sekitar 300 ribu masyarakat Muslim se-Bandung Raya," ujar Ketua MUI Kota Bandung, Cecep Sudirman.

Menurutnya, aksi 1212 merupakan refleksi dari aksi 212 di Monas beberapa waktu lalu. Cecep juga menyebut bahwa aksi ini bersifat lokal yang hanya melibatkan umat Islam di Bandung Raya, dan bukan Jawa Barat. 

Awalnya, ide ini berasal dari masyarakat Muslim Bandung, yang kemudian didukung oleh Pesantren Daarut Tauhid sekalian memperingati Milad ke-26 pesantren yang dipimpin oleh KH Abdullah Gymnastiar tersebut.

"Ya, aksinya selama konstrukstif, konstitusional, pemikirannya memperlihatkan Islam damai penuh toleransi, why not, kita dukung," katanya, Jumat (9/12)

Selain itu, Ketua MUI Kota Bandung juga memastikan bahwa aksi ini akan berlangsung damai. Ia pun mengimbau pada MUI kecamatan hingga kelurahan untuk menjaga umatnya agar terus menjaga kesatuan dan persatuan melalui aksi damai 1212. "Ini semua bentuk karakter dan jiwa demokratis. Kami berharap, kesatuan bangsa terus terjaga," ujar Cecep.

Cecep juga mengatakan akan ada beberapa untadz dan tokoh ternama yang akan turut hadir. Aa Gym, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil adalah beberapa diantaranya. "Sepertinya, tokoh-tokoh itu akan hadir, tapi saya kurang tahu persis up date terakhirnya seperti apa," lanjutnya.

Lebih dari itu, Cecep Sudirman juga berharap aksi 1212 ini bisa menyangkal anggapan Kota Bandung sebagai kota yang intoleransi. Semua Muslim harus memperlihatkan kalau kita bisa solid dan terus menjaga kebersamaan.

"Dengan izin Allah, Insya Allah aksi nanti superdamai, tak boleh membawa bendera organisasi Islam dan organisasi politik. Kami ingin menunjukkan, Muslim berjiwa toleran penuh integritas," tegas Cecep Sudirman, seperti ditulis Republika. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »