ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Mengapa Menara Pisa Miring? Sejarah Miringnya Menara Pisa, Tuscany, Italia

On September 16, 2016 with No comments

Menara Pisa Tuscany Menara Miring di Italia
Soeara Rakjat, Historia. Menara Pisa, atau Torre pendente di Pisa dalam bahasa Italia, adalah sebuah menara yang begitu melegenda di dunia. Menara ini adalah bagian dari sebuah katedral yang ada di kota Pisa, Tuscany, Italia.

Menara lonceng dengan tinggi sekitar 55,86 meter ini adalah struktur ketiga dari Campo del Miracoli atau lapangan pelangi (keajaiban) Pisa. Menara ini begitu dikenal karena kemiringannya, namun meski miring menara ini juga tetap bertahan hingga beratus-ratus tahun lamanya.

Sejatinya, menara ini tidak dibangun untuk menjadi miring, Menara Pisa dibangun dengan bentuk vertikal atau tegak lurus. Namun karena pondasi yang tidak sempurna sejak awal pembangunan kontruksi sekitar tahun 1173, menara ini sudah mulai miring ke arah tenggara.

Menara yang diperkirakan memiliki bobot sekitar 14.500 ton ini memiliki 294 anak tangga. Tingginya adalah 55,86 meter dari titik terendah (karena miring) dan 56,70 meter disisi lain yang tertinggi. Lebar alas menara adalah 4,09 m, sementara lebar puncak menara sekitar 2,48 meter.

Menara ini sendiri dibangun selama hampir sekitar 200 tahun dengan tiga tahap pembangunan yang berbeda-beda kurun waktunya. Tahap pertama, adalah pembangunan konstruksi dan lantai pertama yang terbuat dari marmer putih pada 9 Agustus 1173.

Menurut berbagai catatan, menara ini mulai terasa miring sejak 1178, tak lama setelah lantai ketiga dibangun. Menara ini miring karena struktur tanah yang ada di bawah menara tidak stabil dan mengalami pergeseran. Pondasi menara pun akhirya amblas sedalam 3 meter.

Pembangunan Menara Pisa sendiri sempat terhenti selama hampir seabad lamanya. Hal itu dikarenakan terjadinya peperangan antara warga kota Pisa dengan Genoa, Lucca dan Florence. Terhenti selama hampir seabad karena masa peperangan, struktur tanah dibawah menara pun akhirnya kembali stabil.

Pada tahun 1272, pembangunan menara pun kembali dilanjutkan. Lantai keempat menara lantas dibangun untuk mengimbangi kemiringan menara yang sebelumnya sudah dibangun hingga lantai tiga. Namun pembangunan ini kembali terhenti karena kota Pisa ditaklukan oleh Genoa, pada tahun 1284.

Pembangunan menara tetap terhenti sampai tahun 1372. Setelah itu, Menara Pisa kembali dibangun dengan ornamen Gothic bergaya Romawi. Terdapat tujuh buah lonceng di menara ini, yang masing-masing lonceng mewakili not pada 7 tangga nada. Sejak itu pula nama besar menara ini begitu mendunia.

Meski miring dan juga ada kontroversi terkait arsitek dari menara tersebut, namun Menara Pisa adalah salah satu bangunan yang menjadi warisan dunia dan tercatat di badan Perserikatan Bangsa Bangsa, Unesco.

Mengapa Menara Pisa Miring? Mungkin begitulah pertanyaan dari sebagian kita. Menara Pisa memang sudah miring sejak masa awal pembangunannya. Namun karena miring dan tetap bertahan berabad-abad lamanya Menara Pisa kini mendunia. Jika tidak miring tentunya Menara Pisa juga belum tentu melegenda?

Saat ini, banyak kalangan yang merasa khawatir akan nasib menara tersebut. Menurut para ahli, Menara Pisa hanya bisa bertahan untuk beberapa abad ke depan. Untuk itulah sejak tahun 1992 dilakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan Menara Pisa, yang merupakan salah satu bangunan paling unik dan ikonik di dunia. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »