ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Deep Purple Legenda Dunia Dalam Sejarah Musik Hard Rock

On September 23, 2016 with No comments


Soeara Rakjat, Deep Purple, adalah salah salah satu band legendaris dan sarat sejarah dalam dunia musik Rock. Band Hard Rock asal Inggris ini memiliki begitu banyak penggemar di seluruh penjuru dunia. Deep Purple juga disebut-sebut sebagai salah satu pelopor genre Heavy Metal, selain Led Zeppelin dan Black Sabbat tentunya.

Grup band ini memiliki sejarah dan perjalanan panjang sebelum akhirnya terbentuk Deep Purple yang sebenarnya. Adalah John Lord yang memiliki kepiawaian dalam memainkan keyboard. John Lord juga seorang komposer musik yang handal, sebagian besar lagu-lagu Deep Purple adalah hasil kreasi dari John Lord.

John Lord sendiri sebelumnya bermain untuk The Flowerport Man bersama Chris Curtis dan seorang pengusaha yang juga seorang produser yakni Tony Edwards. Pada 1967, rekan John yakni Chris Curtis merekrut Ritchie Blackmore yang saat itu sedang bermain bersama Neil Christian And The Crusaders di Jerman.

Ritchie Blackmore, sering sebut-sebut sebagai salah satu gitaris terbaik dunia kala itu. Selain John Lord, Blackmore juga dianggap sebagai ruh dari permainan impresive Rock Blues yang diusung oleh Deep Purple. Blackmore menjadi gitaris Deep Purple hingga tahun 1993, Blackmore hanya absen setahun saat posisinya digantikan oleh Tommy Bolin pada 1975-1976.

Dengan keberadaan Blackmore dan John Lord, Deep Purple menjelma menjadi band paling populer di dunia. Hampir semua penggemar musik rock dipastikan akan mengenal lagu-lagu Deep Purple. Tak hanya mempengaruhi dunia musik, Deep Purple juga memiliki pengaruh yang kuat dalam dunia fashion. Apa yang dikenakan oleh personel Deep Purple, akan selalu menjadi trend setter bagi penggemar musik cadas tersebut.

Sebelum nama Deep Purple resmi digunakan pada tahun 1968, nama lain seperti Orpheus, Concrete God dan juga Sugarlump sempat diusulkan untuk menamai band ini. Deep Purple adalah nama yang diusulkan oleh Blackmore, Deep Purple adalah judul lagu yang sangat disukai oleh nenek dari Blackmore dan pernah hits di era 1920 an.

Formasi awal Deep Purple sendiri di isi oleh beberapa nama diantaranya adalah:
  • John Lord - Keyboard
  • Ritchie Blackmore - Guitar 
  • Rod Evans - Vocal
  • Nick Samper - Bass Guitar, dan
  • Ian Paice - Drumer
Formasi ini hanya bertahan seahun saja, pada 1969 Rod Evans dan Nick samper didepak secara mendadak oleh Blackmore, John Lord dan Paice. Blackmore yang berusaha mencari pengganti dari keduanya, lantas keluar masuk pub dan akhirnya bertemu dengan Ian Gillan dan Roger Glover yang merupakan personel dari Episode Six.

Sejak itu, Deep Purple pun menjelma menjadi band besar dan mendunia. Kombinasi Ritchie Blackmore, John Lord, Ian Gillan, Roger Glover dan Ian Paice, betul-betul membuat Deep Purple menjadi legenda Rock hingga kini. Lagu-lagu Deep Purple pun selalu menjadi hits, Deep Purple pun disambut sangat antusias saat konser maupun tour keliling dunia.

Soldier Of Fortune, Burn, Highwaystar, Smoke On The Water, Women From Tokyo, dan masih banyak lagu-lagu lain yang begitu mendunia dan melegenda.
Ian Gillan adalah vokalis Deep Purple paling lama. Ian Gillan hanya absen saat digantikan oleh David Coverdale dari tahun 1973 hingga 1976. Dalam periode yang sama, Roger Glover juga pernah digantikan oleh Glen Hughes. Selebihnya, mereka adalah formasi 'abadi' bersama John Lord, Ian Paice dan Ritchie Blackmore yang hengkang pada 1993.

Dalam kurun 1993 hingga 1994, posisi Blackmore sempat digantikan oleh salah satu 'Dewa Guitar' dunia yakni, Joe Satriani. Lalu masuklah Steve Morse menggantikan Satriani pada tahun 1994. Formasi Deep Purple bersama Steve Morse inilah yang pada tahun 2002 pernah mengunjungi Indonesia, dan merilis album Abandon. Selain itu, Deep Purple adalah band barat pertama yang mengunjung Indonesia pada 1975.

Pada tahun 2002, Don Airey masuk menggantikan John Lord yang mulai termakan usia. John Lord sendiri tutup usia beberapa tahun yang lalu. Hingga kini, Deep Purple adalah salah satu band yang menjadi legenda dunia, tua, muda dan remaja begitu menyukai dan masih sering menyanyikan lagu-lagu Deep Purple ini.. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »