ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Berwisata Di Tol Cipularang, Menikmati Nyamannya Sebuah Perjalanan

On September 20, 2016 with No comments

Menikmati berwisata di tol cipularang

Soeara Rakjat, Jawa BaratTol Cipularang atau Cikopo - Purwakarta - Padalarang, adalah sebuah ruas tol yang menghubungkan jalan Tol Jakarta - Cikampek dengan akses tol yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Tol ini mulai beroperasi sesaat sebelum KTT Asia - Afrika di gelar di Kota Bandung pada 2005 silam.

Ruas jalan yang pada awalnya adalah daerah pegunungan, perbukitan, lembah dan jurang ini tentunya menawarkan sejuta pesona bagi para pengendara yang hendak menuju atau dari dan ke Kota Bandung. Cukup beragam panorama yang bisa kita nikmati di sepanjang jalan tol ini.

Jalan tol yang 99% keberadaannya di wilayah dataran tinggi dan pegunungan ini tentunya akan memberikan kita pengalaman terbaik dalam berkendara. Selain perbukitan dan pegunungan, di sepanjang jalur ini juga kita bisa menikmati hijaunya perkebunan dan wilayah hutan yang membentang luas disisi kiri dan kanan jalan.
Berwisata di Tol Cipularang, Menikmati Nyamannya Sebuah Perjalanan
Selepas KM 66 di Tol Jakarta - Cikampek, kita bisa langsung menuju akses Tol Cipularang dan memasuki wilayah Purwakarta dimana sebagian besar ruas jalan tol ini berada. Sejak itu pula perjalanan kita akan dimanjakan oleh indah dan sejuk segarnya alam pegunungan.

Ada tiga Rest Area di Tol Cipularang yang masuk ke wilayah Purwakarta dan cukup nyaman untuk kita singgahi. Rest Area pertama, bisa kita jumpai tak jauh dari titik awal Tol Cipularang. Rest Area berikutnya adalah di KM 88 dan Rest Area KM 97 yang hanya beberapa kilo meter sebelum kita memasuki wilayah Bandung Barat.
Berwisata di Tol Cipularang, Menikmati Nyamannya Sebuah Perjalanan
Selepas Purwakarta dan memasuki Bandung Barat, lintasan Tol Cipularang akan didominasi oleh jalur pendakian yang cukup menguras energi kendaraan. Disekitar jalur ini pun kita harus bersabar, karena cukup banyak kendaraan-kendaraan besar yang semakin melambat saat melintasi jalur pendakian.

Meski begitu, di wilayah Bandung Barat kita bisa menikmati pegunungan kapur purba diselingi perbukitan dan jurang yang cukup terjal. Bahkan dari sini, kita juga bisa menikmati deretan pegunungan yang masuk ke wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Sayangnya, masih cukup banyak para pengendara yang tidak disipilin dan kerap membahayakan para pengendara lain. Tol Cipularang memang kerap dijadikan arena balapan, cukup banyak pengendara yang memacu kendaraan diatas batas normal aman dan atau menyalip melalui bahu jalan.
Berwisata di Tol Cipularang, Menikmati Nyamannya Sebuah Perjalanan
Tingginya angka kecelakaan di Indonesia khususnya di Tol Cipularang, adalah karena masih tidak disiplinnya para pengguna jalan tol itu sendiri. Sebagian para pengendara di Indonesia memang dikenal sangat tidak disiplin, perjalanan yang seharusnya aman, nyaman dan menyenangkan sering berakhir dengan kecelakaan.

Namun begitu, Tol Cipularang tetap menawarkan keindahan. Selain sebagai akses utama, tentunya kita juga bisa menikmati pemandangan dengan Berwisata di Tol Cipularang. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »