TERPOPULER

ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Google+ Badge

Powered by Blogger.

Beredar Spanduk Heboh, Orang Puasa Diminta Hormati Yang Tidak Puasa

On June 11, 2016 with 102 comments

Beredar spanduk heboh hormati yang tidak puasa sorak.in

Soeara Rakjat, Risalah Islam. Pergantian kepemimpinan disebuah negara, tentu akan berdampak pula pada berbagai kebijakannya. Seperti yang terjadi dengan negara kita Indonesia, yang saat ini mengedepankan Pluralisme dan Toleransi diantara sesama warganya.

Jika sebelumnya seseorang yang tidak berpuasa harus menghormati yang berpuasa, kini justeru sebaliknya. Atas dasar toleransi dan pluralisme ini pula pemerintah, dalam hal ini Menteri Agama pernah menghimbau agar orang yang berpuasa menghormati orang tidak berpuasa.

"Warung-warung tak perlu dipaksa tutup. Kita hormati juga hak mereka yang tak berkewajiban dan tak sedang puasa," ujar Menteri Agama saat itu.

Banyak pihak di berbagai daerah di Indonesia, yang mungkin kemudian merepresentasikan himbauan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan spanduk yang kini sedang hangat diperbincangkan oleh para Netizen di ranah maya.

Meski tidak disebutkan kapan dan dimana spanduk ini mulai beredar, namun keberadaan spanduk ini dinilai cukup menghebohkan dan menjadikan sebagian warga dunia maya merasa gerah dibuatnya.

Netizen pun menyebutkan bahwa spanduk dengan isi himbauan yang cukup aneh dan janggal ini hanya terjadi di zaman Presiden Jokowi. "Hanya terjadi di Rezim Jokowi," tulis akun Facebook Tiffani Ayu.

Tak sedikit Netizen yang menanggapi masalah ini dengan penuh rasa keheranan, mereka pun merasa prihatin dengan beredarnya spanduk yang menimbulkan pro kontra ditengah masyarakat maya ini.

Dalam postingan lain, seorang Netizen lalu meminta pendapat rekan-rekannya atas beredarnya spanduk aneh ini. "Beredar spanduk bertuliskan 'Hormati orang yang tidak puasa, untuk kualitas puasa yang super!' Bagaimana pendapat anda?," tulis akun Ben Syafei.

"Spanduk yang memalukan," tulis akun Fanspage NU Garis Lurus menanggapi.

Meski belum diketahui secara pasti kapan dan dimana spanduk ini berada, namun beredarnya spanduk ini begitu menghebohkan. Foto spanduk yang berawal dari postingan NU Garis Lurus ini pun kini menjadi viral di jagat sosial. BDLV/TM
-->
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

102 komentar

Yg nulis spanduk itu siapa ? Trus kenapa sampe pak jokowi yang di bawa"... haha lucu deh... yang jelas selama bulan puasa saling menghormati dan menghargai...

Yg nulis spanduk itu siapa ? Trus kenapa sampe pak jokowi yang di bawa"... haha lucu deh... yang jelas selama bulan puasa saling menghormati dan menghargai...

ada slogan berbunyi "hormatilah orang yg berpuasa".
Gusdur berkata : "sejak kapan orang puasa minta dihormati"?

wkwkwkkw...
Puasa kok minta2 hormat??wkkwkwk

Jika Niat Puasa karena ALLAH! Orang makan Minum didepan Kitapun tdk kita Membuat ingin berbuka!semata- mata TAAT dan IKHLAS krn ALLAH TAALA!

Jika Niat Puasa karena ALLAH! Orang makan Minum didepan Kitapun tdk kita Membuat ingin berbuka!semata- mata TAAT dan IKHLAS krn ALLAH TAALA!

Jika Niat Puasa karena ALLAH! Orang makan Minum didepan Kitapun tdk kita Membuat ingin berbuka!semata- mata TAAT dan IKHLAS krn ALLAH TAALA!

Orng islam yg tidk berpuasa harus menghormati yg berpuasa. .

Orng islam yg tidk berpuasa harus menghormati yg berpuasa. .

Orng islam yg tidk berpuasa harus menghormati yg berpuasa. .

Spanduk ini karena umumnya yang terjadi adalah sebaliknya (hanya yang puasa yang minta dihormati oleh yang tidak puasa). Kita harus SALING menghormati (dua arah).

Memang patut merasa prihatin sampai spanduk ini perlu dipasang. Kalau yang puasa benar-benar juga berpuasa secara rohani (bukan hanya sekedar tidak makan), spanduk ini nggak perlu ada.

Itu cuman haters nya pak jokowi,..biarin aja,ntar juga diem...

Orang yang sesungguhnya berpuasa adalah orang yang tidak perlu memberikan comment apa lagi cenderung tidak berusaha mengkoreksi diri. Semoga dapat menjadi renungan.

Orang yang sesungguhnya berpuasa adalah orang yang tidak perlu memberikan comment apa lagi cenderung tidak berusaha mengkoreksi diri. Semoga dapat menjadi renungan.

Yg puasa ya biar lah pd puasa, yg nggak puasa kenapa hrs di paksa2 suruh ikt yg puasa?? Bkn nya kl yg puasa itu kl emg dtg dr diri sndiri ada org mau makan minum di dpn nya jg pst ga bakal tergoda.. Koq ngorban in yg ga puasa jg di suruh puasa..

slogan "hormatilah orang yg sedang berpuasa", jika diartikan: jngn makan, minum, atau jualan makanan/minuman didepan orng berpuasa, itu hanya berlaku utk anak2 remaja yg sedang dlm masa pertumbuhan. Bagi orng dewasa,gak ada pengaruh.

KOMENTAR Aline MichaenJune 12, 2016 GAK NYAMBUNG, YANG MAKSA PUASA SIAPA?

Puasa tanpa godaan itu mustahil.. Tergantung iman anda yg berpuasa kuat atau tidak... Terus Apa hubungannya dengan pak Jokowi?

PADA GAGAL FAHAM ENTE... MAKSUD MENGHORMATI ORANG YG LAGI BERPUASA TUH, ARTINYA.. YAA KITA HRS MAWAS DIRI LAAH.. JGN BEGO GITUU.. KETAUAN INI BULAN SUCI RAMADHAN, BULANNYA UMAT MUSLIM BERIBADAH SHAUM, MASA SEMUA ORANG TA'AT LAGI MINGKEM,.. NAH.. SEDANG LOE MALAH CUAP2 KUNYAH2 GA TAU MALU DI HADAPAN ORG YG LG BERPUASA.. MIKIR SEDIKIT GITUU JGN TOLOL2 AMAT, BKNNYA ORG LG BERPUASA MINTA DI HORMATIN..'' MELAINKAN BALIK KEPADA PRILAKU SOPAN SANTUN TOLERANSI LOE TERHADAP AGAMA LAIN..' APALAGI YG GA PUASA ITU ORG MUSLIM..' MALAH HRS EXTRA TAHU DIRI JGN DONGOOO...'

Tanda2 kiamat mo dtg,

PADA GAGAL FAHAM ENTE... MAKSUD MENGHORMATI ORANG YG LAGI BERPUASA TUH, ARTINYA.. YAA KITA HRS MAWAS DIRI LAAH.. JGN BEGO GITUU.. KETAUAN INI BULAN SUCI RAMADHAN, BULANNYA UMAT MUSLIM BERIBADAH SHAUM, MASA SEMUA ORANG TA'AT LAGI MINGKEM,.. NAH.. SEDANG LOE MALAH CUAP2 KUNYAH2 GA TAU MALU DI HADAPAN ORG YG LG BERPUASA.. MIKIR SEDIKIT GITUU JGN TOLOL2 AMAT, BKNNYA ORG LG BERPUASA MINTA DI HORMATIN..'' MELAINKAN BALIK KEPADA PRILAKU SOPAN SANTUN TOLERANSI LOE TERHADAP AGAMA LAIN..' APALAGI YG GA PUASA ITU ORG MUSLIM..' MALAH HRS EXTRA TAHU DIRI JGN DONGOOO...'

Wah itu yang nulis Pasti orang Muslim dan bukan Islam, yang benar tahu Hakekat nya Puasa dan bukan cuman Fisiknya Puasa...tapi apa hubungannya dengan Pak Presiden Jokowi

Itu yang marah2 puasanya ga sah nanti .. sendiri2 aja .. yang di nilai tuhan perbuatanmu sendiri .. bukan perbuatan orang lain

Wah itu yang marah2 ga sah puasanya .. masing2 aja deh .. yang di nilai tuhan perbuatanmu sendiri bukan perbuatan orang lain

Maka dari itulah, gunanya kain - kain yang biasanya dipasang warung - warung. Buat "nutupin" kita yang lagi maem. Kita bukan gak tau malu. Kita malah mengerti keadaan yang sekarang saat ini terjadi. Dan gak mungkin lah, kita cuap 2x kunyah 2x di hadapan orang yang lagi puasa. Barbar banget. Memang Anda punya bukti kalo orang lain "cuap 2x kunyah 2x" dihadapan orang yang sedang puasa secara langsung ? Yang kedua, meskipun kami (secara tidak sengaja) makan dihadapan orang yang sedang berpuasa, apakah ia batal puasanya dan ikut makan ? Well, imannya lah yang harus dipertanyakan. Kita biasa mengatakan "permisi, aku minum / makan dulu ya". That's fine. There's nothing happen after that. Atau kalo gak kami biasa mengatakan "Maaf, aku minum / makan dulu yaa....". Kenapa kita bilang seperti itu ? Karena kita mengerti keadaan dan waktu saat ini. Yang sedang terjadi. Gak asal "cuap 2x kunyah 2x" yang seperti anda katakan. Anda sudah men'general'isir kami seakan - akan kami biadab. Seakan - akan kami gak tau malu. Asal cuap 2x kunyah 2x. Tolong lah, anda jangan suka mengeneralisir seperti itu. Sakit hati saya.....

Memang hrs pikir outside the box, br bs maju donk,

Beberapa hari lalu juga heboh di sosmed seorang ibu tua merintih tangis dan memohon karena barang dagangan makanannya disita oleh petugas hanya semata minta hormat utk umat yg berpuasa. Apakah hormat thdp org yg berpuasa itu jauh lebih tinggi dr pada merampas hak milik (dagangan) seorang itu tsb? Tidak mengharga dan menghormati SEORANG IBU yg mencari nafkah utk keluarganya. Apakah ada ganti rugi thdp ibu tsb setelah barang dagangannya di rampas bgt? Saya setuju banget dengan pernyataan teman diatas

Jika Niat Puasa karena ALLAH! Orang makan Minum didepan Kitapun tdk kita Membuat ingin berbuka!semata- mata TAAT dan IKHLAS krn ALLAH TAALA! #copas

Harusnya orang yang berpuasa harus menghormati org yg TIDAK BERKEWAJIBAN puasa. APALAGI yang ingin tetap mencari nafkah !!!
GoodJob apresiasi mantap untuk yg membuat spanduk itu !! Baik itu dari pak Jokowi, POLRI atau dari pihak manapun, spanduk yg bagus menurut pandangan saya PRIBADI

Debat kok debat agama.. Ga mutu.. Ga ada guna. Saling berkaca aja.

Ngakak bacanya... Wartawan apaan ini yg bisa nulis brita menggelikan begini? Bisa banget ya pake nyalahin pak jokowi... Kasian bener hidup lu... Hidup sekali aja buat fitnahin orang..

Yang pasang gitu g tau diri.

Yang pasang gitu g tau diri.

Demi tegak nya HAM...
HormatiLah sang PEMERKOSA...

boleeeh doong...
Bearti sama aja doooong dengan bahasa ....
KLo ada wanita telanjang buLat di depan umum di depan para lelaki, ngga bakal di perkosa ko klo iman para lelaki kuat... !!!

Tapi apa pantas seperti itu ??

Coba klo ibu kalian & saudari kalian yang telanjang bulat di depan umum !!!
Apa kalian diam saja,, dan berkata (gpp kelleesss bwat menghormati yang tukang merkosa cewe)

#MIKIR !!!

Mas, mas mau dihormati? Gimana mau dihormati kalo mas sendiri gak menghormati orang lain. Mas mau orang lain sopan sama mas? Gimana mau sopan kalo mas sendiri gak sopan sama orang lain. Di dunia ini ada "aku" dan "orang lain". Berarti di samping ada "aku" ada juga "orang lain" yg berbeda dari aku, yg punya banyak sekali perbedaan. Apa salahnya sih kita saling menghormati? Setauku semua agama mengajarkan itu kok. Nggak cuma pas bulan ramadhan aja, tapi setiap saat kita harus menghormati orang lain, gak cuma soal puasa tapi juga soal omongan. Jadi jangan hanya pengen dihormati tapi juga harus menghormati. Maaf sebelumnya kalau saya salah kata

bang sadar gak ente kata2 diatas, kalo kita puasa atau gak yang tau khan diri kita sendiri sama Allah, apa harus kita koar2 bilang eh gue lagi puasa biar orang2 terus segan, sopan ma kita, kerja lo apa bang, kalo orang2 yang usaha di bid kulienr terus bisanya kerja cuma itu buka cuma dari jam 4 - 9 malam (kita ambil waktu produktif lah), padahal dia biasa buka dari jam 8 pagi, pendapatan dia berkurang, lo mau nolong dia, paling lo juga cuma diem aja khan, peduli setan bukan keluarga gue ini ya gak, jujur aja gak mungkin khan lo nopang keluarga dia selama bulan ramadhan ini, justru gue kalo pas gak puasa jujur bilang ma temen2 gue sori gue gak puasa dari pada gue bilang puasa ujung2nya mampir warung beli rokok pa beli makan

Berkaca aja deh semua. Ini hanyalah sekedar ujian buat yg lagi puasa. Kalo komentar dgn nada marah, yg dosa kan elu sendiri. Itukan kembali ke iman masing2 n pribadi sendiri. Jangan slalu negatif thingking gitu dong.. Hidup gak se-BANGSAT ITU KOK.
Jadi santai ajalah nanggapin berita kayak gini..

ada beberapa point dari unek2 gw..:
1.bukannya klo kalian yang pada puasa itu, diharuskan menahan lapar, haus, dan juga nafsu!!
nah klo ada godaan yg makan, terus u bisa tahan gk kegoda..
NAH BUKANNYA PAHALA NYA GEDE BUAT LOE!!!

2.org puasa minta dihormati dan dihargai puasanya.. bukannya dengan u ngelarang2 kaya gitu {"warung gk boleh buka lah, dsb") u juga gk ngehormatin org2 yg kaga puasa n buat yg terpaksa buka jualan utk mencari uang..
MINTA DIHORMATIN KOK GAK NGEHORMATIN ORG LAIN..

JUJUR AJA YA.. KLO GW NIH
DIA YG NGEHORMATIN GW.. GW AKAN LAKUIN HAL YG SAMA "SEPERTI GK MAKAN DIDEPANNYA"

TAPI KLO NGELARANG2 KAGA JELAS DENGAN CARA YG GK BENER (KASUS SATPOLPP SERANG}, MALAH BAKAL GW SENGAJAIN..
sry bro.. klo gw didepan u, gw bakal makan depan muka u karena komen kaya gitu..!!


DAN 1 lagi gw ngingetin..
WOI!!! U TUH PUASA BUAT NAHAN LAPAR,HAUS,DAN NAFSU... JUGA TAHAN TERHADAP GODAAN YG ADA.. NTAH ADA ORG YG MAKAN DPN LOE / ADA WARUNG MKN BUKA DPN U!!!

Emank benar, gak ada yang maksa puasa tapi pengusaha warung makan kok dipaksa tutup...itu namanya MAKSA SECARA ALUS

Sebenarnya semua gak ada pengaruh, yg pengaruh cuman orang yg berpura-pura PUASA

Tenang pemirsa. Jangan pada emosi, setiapa agama ada bln puasa. Apakah agama yg lain pernah gembar gembor untuk menjelaskan bahwa bln tersebut mereka puasa? & untuk di hormati? Lebih - lebih untuk setiap warung disuruh untuk pake hordenk? Oleh sebab itu, yg puasa kembali kepada niatnya,contoh kecil selain bln puasa apakah Ada yg pernah melakukan puasa? Klo ada, apakah anda gembar - gembor mengakatakan ke teman2 anda bahwa anda puasa? Apalagi berani untuk menutup warung-warung makan yg lagi buka? Saya jamin tidakkk.,!!!! Poinnya adalah : yg puasa tinggal di niatin.

Daerah gw gak kena dampak begituan bro!😂 yg puasa, puasa,,, yg gak, ya nggak, paling ngum'et di warung,, warung tetep buka tapi ditutupin korden ato apalah itu, dari atas nyampe kliatan kaki doang,,, menurut sy juga itu 'spanduk yang memalukan' terciptanya spanduk tsb mungkin disebabkan krna faktor yg memalukan (bangsa ini tidak bisa saling menghargai) jangan egois lah.,, coba memposisikan diri di sudut pandang yg lain'pihak yg butuh duit' dan 'pihak lain seharusny dihormati(dalam menjalankan ibadahnya)'

Kita harus prihatin karna kemunculan spanduk ini lo bilang??

Justru kasus yg kmrn menutup paksa dan menyita seluruh barang dagangan ibu warteg NOOH YG HARUSNYA PRIHATIN!!

Pikir pake OTAK! Dengan warteg dan segala macam restoran itu memasang tirai di jendela mereka, ITU JG UDAH MERUPAKAN BENTUK PENGHORMATAN thdp kita yg puasa!! Bukannya berarti dia jd ga boleh jualan!!

Kemunculan spanduk ini justru merupakan bukti bahwa masih ADA UMAT ISLAM YG JANTAN drpd UMAT ISLAM YG MANJA yg maunya cm dihormatin tanpa mau menghormati ky si penerbit berita ini.. nulis berita aja tone-nya hrs bgt negatif gini ya?!

Sebagai sesama Islam, sy malu!

spanduk ini gaya bahasanya khas sekuler. sekarang agama hanyalah konsumsi pribadi semata.

Astaghfirullaah.. ini bulan mulia.., kok pada saling menghujat.. tidak turut mendidik diri juga menjadi mulia...

Tak perlu ada spanduk,yang berpuasa dan yang tidak berpuasa harus saling mengerti.

Tak perlu ada spanduk,yang berpuasa dan yang tidak berpuasa harus saling mengerti.

Kurang ide alias kurang kerjaan, itulah rendahny ilmu agama. NU lgi NU lgi.

Kurang ide alias kurang kerjaan, itulah rendahny ilmu agama. NU lgi NU lgi.

bener bgt bro...orang Muslim Indonesia lembek2...manja. maunya di hormatin melulu..Islam harus tangguh dong. di minta menghormati tidak mau..maunya di hormati di maklumi. kenapa musti tersinggung dg orang yg tidak berpuasa??

disaat suatu hari nanti, jangan salahkan,,,
1. (bagi kristiani) Disaat Natal jangan di pasang Pohon Cemara di MALL (karna Mall tempat Umum) dan tolong Hormati kami yang Tidak merayakannya
2. (Bagi Hindu) disaat Nyepi BANDARA/Mall/toko Jangan sampai anda TUTUP karna kami tidak merayakan dan akan menggunakkannya.
3. Tolong Hormati HAK PENCOPET,, karna PENCOPET ada jikalau KORBAN COPET juga ada (kalo salah satu tidak ada,, tidak akan terjadi Pencopet)
4. Hak Pemerkosa juga tolong dihormati, karna Pemerkosaan terjadi karna ada yang akan diPERKOSA

paham ente.. ? Ini Indonesia,, Negara TOLERANSI bukan ?

bagi saya,, saling mengerti, cukup.

bicara masalah puasa wah dah pada ngerti ,masalah hormat menghormati kita dah faham tapi yg kurang pas kalau ada yg bawa2 orang lain misal di jelekan atau di rendahkan atau disalahkan nah ini yg bikin kita prihatin

Goblok semua. Klo g tau ya bnr mana ya jgn komen!

org yg buat spanduk anak dajjal, yg nurut para iblis....

yang harus dihormati,orang yang hamil,sakit,dll..serta umat agama lain yang tidak puasa..kalau umat islam yang sengaja ngak puasa,yea jangan dihormatin,karena memang salah dan menyalahi ajaran dia sendiri..ngaku2 agamis,tapi perbuatannya ngak islami..kalau kriteria pengecualian kayak sakit or hamil or lain keyakinan yea tak ada dosa,karena tidak diwajibkan...

Siapa yang MAKSA? dibaca lagi artikelnya.. dipahamin lg kalimatnya

di spanduk itu ga ada PEMAKSAAN ko.. ga bawa2 warung makan juga..

koment sy bawa di hati.dan jika diantara kita ada yg panas..???segeralah tutup.
hanya karna tulisan aja bisa muncul emosi.apalgi ketemu yg pasang???
mari santai tenangkan hati.

Hey bro......
Mksud nya minta d hormati itu bukan berati minta supaya hormat.
parah IQ nya.
Seseorang melakukan doss itu bukan hanya karna niat tp ad kesempatan. Semoga ngerti klo gak terima brti anda bukan orang ber IQ tinggi. Walaupun kalian ber IQ tinggi berarti kalian tergolong mendukung shaiton

ngeri ini.udah pada berani ya dia.
bahaya ini.

Hey broooo...
kalian tau gak mksud menghormati... bukannya hatus gormat gerak di depan orang puasa.
asal kalian tau berbuat dosa bukan karna ada niat tp ad kesempatan.
jika kalian ber IQ di atas normal pasti ngerti kecuali IQ d bwh rata rata ye....
dan jika kalian islam mengapa tidak puasa ??????
Jng ngaku islam kalo tidak melakukan kewajiban yg di perintah ciptaanya.
udah tau shaiton banyak tambah dengan shaiton tampak lg.
orang gak ad kesempatan az udah bnyak yg terbujuk apalgi ad ksempatan.
bukan niat apa ngga nya tp kalian terhasut shaiton apalagi d tmbah shaiton yg tampak.
Nrnek moyang kita az terhasut oleh shaton yg tidak tampak. Berat broooo maka hargai lah dan hormatilah.

Wkwkwk mantap broooo.
pade bloon ya orang orang.
IQ nya pdae rendah.
skalian iman dan harga diri nya rendahan

Ketum PBNU Bpk KH Prof Said Aqil secara pribadi milih pak Bowo waktu Pilpress 2014 kemarin, walaupun begitu pasca pilpres PBNU tetap mendukung dan bekerja sama dg Pemerintah NKRI... sejak dulu hingga sekarang kerukunan dan saling hormat menghormati ibadah agama lain di negeri ini terbilang bagus, dan memang baru ahir ahir ini saja banyak yg menjadi kagetan dan lebay dalam beragama... dulu tsk ada larangan buka warung di bulan puasa, kini lebih bagus warung yg buka harus tertutup dsb, eh org org lebay memaksa untuk tidak buka warung sekalian :) bagi warga yg keseharianya menggantungkan hidupnya dari jualan nasi tentu jd soal, dan bagi non muslim atau bahkan muslimah yg sedang tak puasa juga akan kesulitan cari warung ;;) dg ramainya berita lebay penutupan dan penyitaan paksa isi warung oleh aparat maka para ulama banyak yg berkomentar tentang kelebay an itu.. maka keluarlah statement hendaknya yg berpuasa justru lebih bisa menghormati yg tak puasa... eeeh para tekstualiyah mulai mencap liberal dll hingga rezim pemerintah kena batunya :) 2014 kan sudah lewat jauh yak ;)

Sama aja seperti. . hormatilah orang yang sedang ngentot di doly dan tempat tempat prostitusi. Karena mereka lagi cari makan. Klo gak makan mati. . sama sama dosa besar.

Sama aja seperti. . hormatilah orang yang sedang ngentot di doly dan tempat tempat prostitusi. Karena mereka lagi cari makan. Klo gak makan mati. . sama sama dosa besar.

Ga ada yg maksa ikut puasa mbak aline.., jd tolong dipahami dlu sebelum berkomentar, disitu cuman ditulis saling menghormati satu sama lain intinya

Setuju, orang puasa tdk minta dihormati.. Mau makan/minum didepan org yg puasa ya hrsnya ga berpengaruh, berpengaruh kalau dia msh anak2.. Orang dewasa ga ada pengaruhnya sama sekali.. Puasa itu luas (puasa tdk makan/minum dalam artian paling dasar) puasa menjaga amarah, menahan hawa nafsu, dll itu yg paling berat..

Tidak perlu berdebat..
Apapun yang setiap orang argumenkan,tetapi Yang tahu didalam hati manusia hanyalah ALLAH SWT..
Sebagai umat muslim,Lebih baik kita perbanyak ibadah saja dan semoga amal ibadah kita dibulan ramadhan ini,diterima ALLAH SWT dan diberikan pahala yang berlipat ganda..amin3x
Amin ya robbal al'amin..

Kenapa larinya ke jokowi?
Ini justru kemajuan menurut sy. Ini kemajuan dalam hal toleransi. Kalian puasa pahalanya kan kalian yg dapat. Muslim yg tidak puasa biarkan saja. Itu pilihannya. Kalian mau menasehati? Dia pasti tau kok ramadhan wajib puasa.
Terus apa lagi? Warung? Itu mata pencaharian bro. Emang kalian mau kasi duit ke mereka & karyawan2nya? Lagian tdk ada hadist atau ayat Al-Quran yg menyatakan berdosa bagi org yg menjual makanan kepada org yg tak berpuasa pd bulan ramadhan.

Nda suka ya kalau ada yg makan di depan kalian? Lemah sekali iman kalian. Cobalah bergaul lebih jauh lagi dari rumah kalian.

Jadi warga jangan terlalu egoislah. Jgn terlalu keras lah sm non-muslim. Apa belum cukup 'teroris' merusak citra islam sebagai agama cinta dan agama damai?

di indonesia ada 6 agama dan setahu saya semua agama itu ada puasa nya, tetapi kenapa kalau islam yang puasa kok semua kena imbas nya contoh warung makanan ga boleh buka, tempat hiburan tutup, kolam renang tutup. padahal saat saya berpuasa (saya katholik) saya tidak mengganggu kebiasaan orang lain karena faham saya berpuasa itu sebisa mungkin orang lain tidak tahu kita sedang berpuasa, kita melaksanakan aktivitas normal tidak mau dkasihani karena lelah, ga mau orang harus minta maaf dlu karena makan depan kita...karena disitulah cobaan dan rintangan itu harus dilalui, mampu ga kita melewati nya. itu menurut hemat saya yang saya tahu tentang puasa. tadi saya lihat ada komentar berarti kalau nyepi bandara ga boleh sepi, kalau natal ga boleh ada pohon natal di mall. padahal yang kita diskusikan tentang puasa kalau arah pembicaraan kesitu berarti boleh saya artikan kalau idulfitri tidak boleh ada pernakpernik seperti ketupat dll di mall? kan tidak seperti itu. sebagai bangsa indonesia marilah kita bersatu saling menghargai itu indah jangan saling memaksakan. sekian. mhon maaf jika banyak tutur kata yang salah

Berdebat boleh selama masih dalam jalurnya dan tidak menyimpang...akan datang pada masanya nanti dajjal...yaitu sebentuk kesombongan dan keangkuhan yang dilakukan oleh pribadi atau sekelompok orang disekitar kita dan kita bisa menilainya sendiri...
Sekilas tentang puasa memiliki pengaruh besar terhadap reaksi kimia didalam tubuh, dokter ahli diduniapun telah membuktikannya..salah satunya dengan mengistirahat organ kita selama puasa akan berdampak besar bagi kesehatan, jika dilakukan dengan penuh tanggung jawab..
Hormati orang yang berpuasa dalam artian toleransi orang yng tidak berpuasa untuk tidak makan didepan orang yg sedang puasa gampang kok...didepan ya bukan disamping atau dibelakang itu konteksnya...kalo orang yang tidak berpuasa makan disamping atau dibelakang itu sudah dianggap menghormati dalam artian toleransi..bukan minta dihormati.
Satu lagi, Allah SWT akan memberikan atau menambah rizki orang2 yang berjalan direl kebaikan..itu janji Allah SWT...mudah2an saya benar he he karena manusia itu banyak salah dalam artian pasti memiliki kesalahan atau khilaf. Bukan berarti yang berjalan direl keburukan tidak ditambah pasti ditambah juga cuma apa yg dia lakukan tidak berkah.
Warung makan yang berjualan selama bulan puasa ada gak yg rugi maksudnya berjualan dikala sahur dan buka dikala menjelang buka puasa sampai tengah malam bahkan sampai ke sahur juga..yang bilang rugi ngacung...
Yang berjualan dipagi hari sampai sore hari bahkan sampai buka puasa..kalo malam gak jualan ngantuk bro...yang penting toleransi dijaga...warung tidak ditutupi tirai gak masalah cuma 90% orang yang puasa dan sisanya orang tidak puasa...pasti malu kalo tidak ditutup tirai...malu artinya mengakui dan simbol saling menghormati...
Sekian uraian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat...mohon maaf bila ada salah kata...
Wassalam...

inilah orang2 bodoh yg tidak tau akan hal agama dan hukum nya ,,,yg komen pun sok pinter2,,,indonesia umumnya manyoritas islam ,,jdi kalian kafir2 kajib menghormati kami yg muslim ,,,apalgi ini hari kebesaran ummat muslim...karna era dari penjajahan indonesia ini dari ulama2 yg memperjuangkan kemerdekaan,,,adakah kafir yg kafir yg memperjuangkan kemerdekaan di indonesia ini dari sejarah,,,bodoh bodoh terlalu bodoh sudah rakyat indonesia ini....

Sebetul nya yg nulis d spanduk salah nulis,seharus nya begini bro bagi umat muslim yg menjalan kan ibadah puasa d mohon memberikan ruang bagi yg tidak berpuasa dan sebalik nya yg tdk puasa d harap menghormatin yg lg puasa itu yg benar bro jgn ke balik.betul tdk bro

KALIAN SEMUA PADA PERANG ARGUMENT DI SOSMED.....KALIAN PUAS??? HAPPY??? ATAU BANGGA??? NGGAK KHAN??? YANG PUAS ,HAPPY,ATAU MALAH YG SDG BERJINGKRAK2 KEGIRANAGAN ITU SEGELINTIR OTG YG TAK INGIN LIHAT KITA RAKYAT INDONESIA HIDUP RUKUN DAMAI DAN AMAN.KALIAN MAU JD BAGIAN DARI RENCANA BUSUKNYA SEGELINTIR ORG TSB???YG PENTING KITA PEGANG TEGUH DASAR2 SILA PANCASILA PASTI DAMAI .NGGAK ADA YG RIBUT CARI PEMBENARAN ATAU SIBUK MENGKOREKSI KESALAHAN.DAMAI ITU INDAH WASSALAM....#MERDEKA NEGERIKU TERCINTA INDONESIA #YG MAU MERUSAK KEDAMAIAN NKRI PERGI AJA KE KUTUB SANA ADU DOMBA BERUANG2 KUTUB .

Wahai sobat bukan kah dengan menguatkan argument kalian masing2 adalah satu contoh sikap tidak saling menghormati, lantas mengapa kalian harus berpanjang lebar membahas tentang hal saling menghormati jikalau diri kalian masing2 tak bisa saling menghormati pendapat dan cara pandang orang lain....
Satu saran dari saya, allah itu maha bijaksana dan adil, biar allah yg menilai semuanya, kembalilah kepada diri masing2, apakah kita sudah mampu menjadi yg lebih baik di ramadhan ini...?

Sekian dan terimakasih

Angkat tangan siapa disini yg puasa trus ngemis2 minta dihormati.!!
Klo saya sih oke2 saja, jika anda mmg gila hormat dan merasa tdk pernah dihormati/mendapat hormat dr org lain, oke fine, saya akan menghormati anda yg sdg puasa.

Tp, saya jga mau nanya, tau gak anda klo di agama Katolik jga ada puasa selama 40 hari. Saya yakin hampir semua dr anda2 yg sdg puasa skrg tdk tau. Mengapa demikian?
Itu karna kami mmg tdk pernah mengekspos bahwa kami sdg berpuasa, kami tdk mengemis hormat dr anda2 semua yg sdg puasa skrg karna kami sdg berpuasa. Hal itu bagi kami adalah hal yg wajib kami jalankan tanpa org lain harus tau bhwa kami sdg berpuasa.

Mmg sih beda agama beda ajarannya.

Klo dalam ajaran Kristiani, dalam hal berpuasa telah diajarkan demikian :

"Matius 6:16-18"
"Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Klo di ajaran Islam saya tdk tau bagaimana ajarannya, yg saya lihat klo umat islam berpuasa pasti diekspos habis2an (bahkan sampai ke semua media massa klo bisa) biar semua org tau bhwa mereka sdg berpuasa. Dan mereka jga minta agar mereka dihormati selama mereka berpuasa.
Hello,,,hari gini ngemis2 hormat dr org lain.??
Berbuatlah yang baik kawan, maka hormat dan segan itu jga akan dtg dgn sendirinya kpd anda tanpa anda memintanya.

"Apa yg kamu ingin org lain perbuat kepadamu, perbuatlah demikian kpd org lain."

Mohon maaf jika ada salah dlm perkataan saya.

Salam.

11bulan makan &minum.masa 1 bulan puasa ga kuat..11 bulan dagang dr pagi ampe mlm bahkan ada yg sampe pagi..masa 1bulan buka dagangan sore ampe sahur akan rugi..agamamu..agamaku ya agamaku..lakumdinukum waliyadin..Indonesia itu bineka tunggal ika sobb..#wartawan itu mesti tau kode etik jurnalistik dan anti rasis..

sama itu dengan bagi anda yang sedang ujian hormati orang yang tidak sedang Ujian, jadi yang gak ujian bebas suka hati mau ribut mau kejara kejaran teriak teriak karena dia tidak sedang ujian, yang ujian harus yang hormatin yang tidak sedang ujian..... toleransi seperti apa yang sedang dibentuk..... beghhh...... aneh ..... gak masuk akal sangat absurd... menjijikan dan betapa bodonya ......

HAL SEPELE AJA MAU DIRIBUTIN, KLO EMANG PUASA NYA IKHLAS YAUDAH NGAPAIN HARUS BNYAK COMMENT ! JADILAH MANUSIA YANG BERWIBAWA , SALING MENGHORMATI DAN BERKELAS . SPANDUK ITU ADA KALIAN YANG TAK BISA TERIMA COBA RENUNGKAN BERITA YANG WARUNG MAKAN DIRAZIA. KENAPA DI RAZIA ? KARNA TAK MENGHORMATI ORANG YANG SEDANG PUASA ( ITU ALASAN BERITA NYA ) JADI ORANG YANG GA PUASA TAK PERLU MAKAN ?.
INTINYA SALING MENGHORMATI SATU SAMA LAIN , JANGAN MEMBEDA BEDAKAN YANG PUASA DAN TIDAK PUASA , KLO PUASA EMANG MENJADI PILIHAN DIRI SENDIRI KENAPA HARUS BNYAK COMMENT ?

mikir,,,,dah tau lg puasa,,,ya jangan datangi org yg lg makan atau warung yg jual makanan...kasih contoh yg relevan lah....trus udah tau jurang,,,yg pindah jurangnya atau manusianya,,,mikir

mikir,,,,dah tau lg puasa,,,ya jangan datangi org yg lg makan atau warung yg jual makanan...kasih contoh yg relevan lah....trus udah tau jurang,,,yg pindah jurangnya atau manusianya,,,mikir

mikir,,,,dah tau lg puasa,,,ya jangan datangi org yg lg makan atau warung yg jual makanan...kasih contoh yg relevan lah....trus udah tau jurang,,,yg pindah jurangnya atau manusianya,,,mikir

Wadoohhh, kalau gini ga ada abisnya mas bro mbak bro, perdebatan ente2 semua melambangkan rapuhnya isalam di indonesia tercinta. kata mbah gus dur,urusi diri sendiri aja. Kalau dah niat pasti godaan apa aja pasti lewat hahaha... diindonesia agamanya banyak jd ya begini ini, berbeda2 tapi tetap 1. Rasah podo ribut,intinya perkuat iman masing2. Toh kita ga tau siapa yg masuk surga/ neraka nanti. Di bikin woles aja, intinya urus diri masing2 dan hargai perbedan.

Hidup itu bukan tentang diri sendiri juga kali om, tapi tentang banyak hal di mana kita hidup, tinggal dan berkembang biak. Indonesia itu udah amburadul dengan pemimpin" yg tidak berkualitas. Jika di biarkan mau sampai generasi kita yang keberapa ngarasain indonesia yang gak nyaman kayak gini?? Klo pikirannya gitu knp gak om bikin aja negara sendiri, bikin aturannya juga sendiri lalu jalanin aturannya sendiri. jadi maaf ya om dalam masalah ini gak usah bawa" islam dalam masalah ini. Om bisa kok bikin aturan islam om sendiri.

Sorry ikutan comment miris banget yah liat nya.. sesungguh nya arti puasa udh paham blm? Setiap agama pasti ada masa puasa baik agama muslim,katolik,kristen budha,hindu masing2 ajaran pasti ada puasa nya, puasa ini kan klu ngak salah menahan napsu,godaan,memperbaiki diri dan menjadikan kualitas iman jauh lebih baik bukan nya setiap ajaran mengajarkan jikalau engkau berpuasa jangan lah di liat org engkau sedang berpuasa dlm arti aktifitas tetap di jalan kan, muka tetap segar dan badan tidak loyo yg arti nya org yg mencari nafkah berjualan yah tetap berjualan yg bekerja tetap bekerja ibu rumah tangga tetap menjalan kan tugas nya jadi kalaupun ada yg makan/minum di hadapan org yg berpuasa saya rasa itu pengendalian diri terhadap niat, iman dan keinginan berpuasa begitu juga kalau ada warung,rumah makan yg buka di waktu puasa kalau tergoda dengan orang yg makan di depan muka atau wangi nya makanan atau tergiur dengan warung makanan di situ lah makna puasa yg sesungguhnya melawan godaan klu ngak bisa melawan niat, iman dan keinginan puasa yah jangan salahin orang lain dunk .. kembali ke diri sendiri niat kita puasa atau ngak? Saya rasa Tuhan akan memperhitungkan segala niat,iman dan keinginan kita sesuai amal dan ibadah kita, jadi pahami dulu arti dan maksud tujuan puasa... maaf kalau ada kata2 yg salah

Sorry ikutan comment miris banget yah liat nya.. sesungguh nya arti puasa udh paham blm? Setiap agama pasti ada masa puasa baik agama muslim,katolik,kristen budha,hindu masing2 ajaran pasti ada puasa nya, puasa ini kan klu ngak salah menahan napsu,godaan,memperbaiki diri dan menjadikan kualitas iman jauh lebih baik bukan nya setiap ajaran mengajarkan jikalau engkau berpuasa jangan lah di liat org engkau sedang berpuasa dlm arti aktifitas tetap di jalan kan, muka tetap segar dan badan tidak loyo yg arti nya org yg mencari nafkah berjualan yah tetap berjualan yg bekerja tetap bekerja ibu rumah tangga tetap menjalan kan tugas nya jadi kalaupun ada yg makan/minum di hadapan org yg berpuasa saya rasa itu pengendalian diri terhadap niat, iman dan keinginan berpuasa begitu juga kalau ada warung,rumah makan yg buka di waktu puasa kalau tergoda dengan orang yg makan di depan muka atau wangi nya makanan atau tergiur dengan warung makanan di situ lah makna puasa yg sesungguhnya melawan godaan klu ngak bisa melawan niat, iman dan keinginan puasa yah jangan salahin orang lain dunk .. kembali ke diri sendiri niat kita puasa atau ngak? Saya rasa Tuhan akan memperhitungkan segala niat,iman dan keinginan kita sesuai amal dan ibadah kita, jadi pahami dulu arti dan maksud tujuan puasa... maaf kalau ada kata2 yg salah

Sorry ikutan comment miris banget yah liat nya.. sesungguh nya arti puasa udh paham blm? Setiap agama pasti ada masa puasa baik agama muslim,katolik,kristen budha,hindu masing2 ajaran pasti ada puasa nya, puasa ini kan klu ngak salah menahan napsu,godaan,memperbaiki diri dan menjadikan kualitas iman jauh lebih baik bukan nya setiap ajaran mengajarkan jikalau engkau berpuasa jangan lah di liat org engkau sedang berpuasa dlm arti aktifitas tetap di jalan kan, muka tetap segar dan badan tidak loyo yg arti nya org yg mencari nafkah berjualan yah tetap berjualan yg bekerja tetap bekerja ibu rumah tangga tetap menjalan kan tugas nya jadi kalaupun ada yg makan/minum di hadapan org yg berpuasa saya rasa itu pengendalian diri terhadap niat, iman dan keinginan berpuasa begitu juga kalau ada warung,rumah makan yg buka di waktu puasa kalau tergoda dengan orang yg makan di depan muka atau wangi nya makanan atau tergiur dengan warung makanan di situ lah makna puasa yg sesungguhnya melawan godaan klu ngak bisa melawan niat, iman dan keinginan puasa yah jangan salahin orang lain dunk .. kembali ke diri sendiri niat kita puasa atau ngak? Saya rasa Tuhan akan memperhitungkan segala niat,iman dan keinginan kita sesuai amal dan ibadah kita, jadi pahami dulu arti dan maksud tujuan puasa... maaf kalau ada kata2 yg salah

Hadehhhh pada ribut agama dan bla bla bla .. udh tau dan paham arti puasa blm? Hormat menghormati lah bla bla bla lah.. puasa itu ngak usah di jelasin hrs menghormati siapa? Dan siapa yg di hormati puasa itu pengendalian diri, memperbaiki akhlak dan menjadikan diri menjadi lebih baik dan tambah dekat pada yang maha kuasa ... setiap agama di wajibkan puasa tapi cara puasa nya berbeda sesuai dengan ajaran masing2 agama. Tp inti nya sama : pengendalian diri, lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, mengurangi kesombongan dan semua hal2 yg tidak di sukai oleh yg maha kuasa. Itu arti puasa yg sesungguh nya, puasa kita itu yg nilai Tuhan,kita puasa kelakuan setelah puasa binatang sama aja nol, tp kita ngak puasa tp kelakuan kita tdk melanggar ajaran Tuhan, Tuhan pun akan menilai juga sorry klau ada kata yang salah

Hadehhhh pada ribut agama dan bla bla bla .. udh tau dan paham arti puasa blm? Hormat menghormati lah bla bla bla lah.. puasa itu ngak usah di jelasin hrs menghormati siapa? Dan siapa yg di hormati puasa itu pengendalian diri, memperbaiki akhlak dan menjadikan diri menjadi lebih baik dan tambah dekat pada yang maha kuasa ... setiap agama di wajibkan puasa tapi cara puasa nya berbeda sesuai dengan ajaran masing2 agama. Tp inti nya sama : pengendalian diri, lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, mengurangi kesombongan dan semua hal2 yg tidak di sukai oleh yg maha kuasa. Itu arti puasa yg sesungguh nya, puasa kita itu yg nilai Tuhan,kita puasa kelakuan setelah puasa binatang sama aja nol, tp kita ngak puasa tp kelakuan kita tdk melanggar ajaran Tuhan, Tuhan pun akan menilai juga sorry klau ada kata yang salah

Bukan begitu maksudnya mas afen loh, bukan disuruh ikutan puasa. Tapi saling hormati lah masa kita makan dgn seenaknya depan org puasa ngepulin asep rokok seenaknya didepan org puasa. Yah saling hormati lah, jgn digoda2n, jgn di ajak ngomongin org dsb. Luas artinya menghormati mas

Yang puasa rendah hati yang tidak puasa protes

Kalau pribadi ku ringkas aja.... agama adalah tuntunan untuk di akhirat.... kalau kalian mendekte Allah, kualat mampus loe.... jelas2 Allah itu Maha Kuasa kok di dekte.... mikir dong mikir.... mau ribut, mau toleransi, mau apa kek... itu terserah kalian.... lha wong jelas2 ngga ada yg tau yg masuk surga tuh siapa kok ribut.... coba siapa yg pernah masuk surga, sini aku mau ketemu dan ngasih kesaksian ke aku.... kan ngga ada toh.... gitu aja kok repot... agama itu pribadi..... bukan diekspos dan bukan di perdebatkan...

Agama kok diributkan..... saya tak tanya semua yg pada emosi... asli mana sih kalian... saya Indonesia asli.... yang kalian ributkan kan agama pendatang semua.... mana nih yg agama asli Indonesia .... ngga ada toh.... mau puasa dan tidak itu urusan kalian.... akan lebih baik isi perjuangan bapak saya yang kebetulan ikut pembebasan irian barat pada waktu itu dengan tetap jadi orang Nusantara.... orang yg menjunjung tinggi sejarah dan leluhur... ingat.... kita masih di jajah ideologi....

Kalo di bali ada perayaan nyepi, nanti yang bukan agama hindu seperti kristen dkk minta dihormati bisa berkeliaran di hari nyepi, nikmatilah yang tidak nyepi.

Jaman aneh

Kalo di bali ada perayaan nyepi, nanti yang bukan agama hindu seperti kristen dkk minta dihormati bisa berkeliaran di hari nyepi, nikmatilah yang tidak nyepi.

Jaman aneh,

Tapi ga perlu grebek warung makan kali,toh yang puasa ga mgkin kesitu..

So pinter loe curut

NANTI KLO MAMAK MU MATI,,TETANGGA SEBELAH RUMAH KARAOKEAN GMN BRO???APA MAMAK MU YANG SUDAH MATI ITU BUTUH DIHORMATI???
APA ORANG MATI HARUS DIHORMATI???
JGN MAU MENANG SENDIRI BRO,,OTAK KAU ITU DI CIPTAKAN OLEH TUHAN DARI BERBAGAI ZAT SPERTI PROTEIN & LAIN2 UNTUK BERFIKIR JERNIH DAN SEIMBANG...

Gak nyambung comentnya mas.. yg dibahas juga spanduknya bukan agamanya. Hhahah, tapi lumayan buat lucu2an di tengah pembahasan yg sedang hangat.