ADVERTISEMENT

SoearaRakjat.com Media Rakyat Indonesia

Search This Blog

Powered by Blogger.

ADVERTISEMENT

Popular Post

Berita Populer

Populer

Bersama TNI-Polri Turut Mengawal Normalisasi Saluran irigasi

On November 09, 2015 with 2 comments

karang taruna desa muara mengawal normalisasi saluran irigasi
Soeara Rakjat, Karang Taruna Desa Muara Bersama Aparat TNI-Polri, Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat setempat turut mengawal kelancaran pengerjaan Normalisasi Saluran / Kalen Carik yang berlokasi di Dusun Sukamanah Baru, Desa Muara, Blanakan, Subang.

Proses Normalisasi yang sempat dihentikan oleh beberapa Ormas/LSM itu kini sudah bisa dimulai kembali. Normalisasi saluran sangat mendesak untuk dilakukan, megingat permintaan dan kebutuhan Masyarakat akan pentingnya Normalisasi saluran Irigasi tersebut.

"Kami bersama Tokoh Masyarakat berkomitmen untuk terus mengawal kelancaran proses Normalisasi tersebut, mengingat musim penghujan yang kini mulai tiba akan sangat membutuhkan adanya saluran yang baik," ujar Ketua Karang Taruna Desa Muara, Hartono Syarifuddin.

Dengan normalnya saluran tersebut, tentu akan memudahkan membuang arus air ke hilir tanpa perlu meluap ke areal pesawahan yang dampak nya akan sangat merugikan petani itu sendiri. Selama ini, air kerap meluap ke areal pertanian karena terjadi pendangkalan di saluran irigasi tersebut.

Dukungan dan peran serta seluruh Warga Masyarakat tentunya sangat di harapkan, mengingat Desa Muara yang berada di garis pantai kerap menjadi 'pembuangan' air dari daerah hulu. Desa Muara memang menjadi salah satu desa langganan banjir di wilayah Subang utara.

Tentu akan sangat merugikan semua warga jika nanti nya jumlah debit air meningkat, sementara saluran yang ada kini sudah mengalami pendangkalan yang di akibatkan oleh lumpur yang terbawa air, juga kesadaran Masyarakat yang masih minim dan kerap membuang sampah di sungai ataupun saluran.

Kelancaran Normalisasi Irigasi ini tentu akan membawa manfaat dan kebaikan bagi warga desa terutama para petani. Dengan irigasi yang baik, pastinya petani di desa muara akan terhindar dari kekeringan di saat musim kemarau dan bisa mengurangi jumlah debit air yang meluap / banjir disaat musim penghujan tiba.

Senada dengan Karang Taruna, Kades Muara pun meminta kepada seluruh warga masyarakat untuk turut serta berperan dalam program-program pembangunan yang sedang digalakan di desa Muara.

"Mari kita dukung bersama semua program pembangunan yang ada, demi perkembangan dan kemajuan Desa kita," tegas Kepala Desa Muara, Ita Sudita. BDLV/TM
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

kawal dan realisasikan kalau itu untuk kepentingan masyarakat secara menyeluruh

Mksih dukungan nya gan, ini semua adalah untuk kepentingan kita semua...